Kini Giliran Taufik Hidayat Komentari Soal Perhatian Pemerintah Kepada Atlet Nasional

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 31 Agustus 2017 | 20:19 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat (kanan) dan Sony Dwi Kuncoro, bereaksi setelah penyerahan medali Olimpiade Athena 2004 di Goudi Olympic Hall, 21 Agustus 2004. Taufik meraih medali emas, sementara Sony mendapatkan medali perunggu. (GOH CHAI HIN/AFP PHOTO)

Mantan pebulu tangkis peraih medali emas di Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat, mengungkapkan pendapatnya mengenai perhatian yang diberikan pemerintah kepada atlet yang mewakili Indonesia di level internasional.

Menurut Taufik, yang saat ini menjadi Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Kemitraan, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, perhatian pemerintah kepada para atlet saat ini jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Bisa dibilang lumayan membaik, tapi belum maksimal. Karena olahraga kan belum prioritas," kata Taufik seperti dilansir BolaSport.com dari Kompas.

Mantan pebulu tangkis peraih medali emas di Olimpiade Athena 2004 itu mengharapkan jika urusan birokrasi bisa lebih dipermudah agar dapat membantu para atlet untuk bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan.

Selain itu Taufik berharap ada perhatian lebih dari Pemerintah kepada para atlet yang berjuang mengharumkan nama bangsa dalam setiap ajang olahraga yang diikuti antar bangsa.

"Selama ini banyak orang yang mengesampingkan atlet, habis mereka main, jarang orang tahu, kehidupan ke depannya juga jarang tahu. Selama ini orang tahunya pahlawan ya perang," ujar Taufik.

Sebelumnya atlet tolak peluru, Eki Febri Ekawati menyinggung mengenai masalah keterlambatan pembayaran dana akomodasi SEA Games 2017.

Eki yang meraih medali emas di ajang SEA Games 2017 mengaku jika uang akomodasi yang terdiri dari uang makan, penginapan, dll, belum dibayar sejak Januari lalu.

"Padahal selama ini yang bisa membanggakan bangsa ini diantara negara lainnya salah satunya adalah atlet. Sudah terbukti, mereka dapat medali di multi event, mengibarkan bendera merah putih di situ sambil menyanyikan Indonesia raya," pungkas Taufik Hidayat.