Korea Selatan dan Arab Saudi Susul Iran-Jepang, Australia Vs Suriah Tersaji di Play-off

By Verdi Hendrawan - Rabu, 6 September 2017 | 03:10 WIB
Aksi gelandang Korea Selatan, Jung Woo-young (kanan), berduel dengan pemain Uzbekistan, Igor Sergeev, dalam pertandingan ronde ketiga Grup A babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Bunyodkor, Selasa (5/9/2017). (DOK TWITTER @THEAFCDOTCOM)

Pertandingan ronde ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia telah berakhir pada Selasa (5/9/2017) atau Rabu dini hari WIB. Empat negara telah memastikan diri lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Setelah Iran dan Jepang sudah terlebih dahulu meraih tiket ke putaran final Piala Dunia 2018, kini giliran Korea Selatan (Korsel) dan Arab Saudi yang memastikan diri lolos.

Pada matchday terakhir ronde ketiga Grup A, Korsel sebenarnya hanya mampu meraih hasil imbang tanpa gol di kandang Uzbekistan.

Beruntung bagi Korsel, pesaing utama mereka untuk berebut posisi runner-up di Grup A, Suriah, juga bermain imbang 2-2 dengan Iran.

Andai saja Suriah berhasil memenangkan pertandingan tersebut, mereka bakal meraih 15 poin dan menggeser posisi Korsel dari peringkat kedua berkat keungulan agresivitas gol.

(Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2018 - Jepang Tak Dijemput Bus, Arab Saudi Salahkan Macet Lalu Lintas Haji, Ini Videonya)

Drama tersebut justru terjadi di Grup B. Arab Saudi sukses menyingkirkan Australia dari peringkat kedua berkat kemenangan 1-0 atas Jepang.

Kemenangan tersebut membuat Arab berhasil meraih poin yang sama dengan Australia, 19, tetapi mereka berhak duduk di posisi runner-up berkat keunggulan produktivitas gol.

Hasil ini membuat Australia dan Suriah akan berhadapan di babak play-off demi menjaga asa lolos ke Rusia 2018. Dua pertandingan di ronde keempat tersebut bakal digelar pada 5 dan 10 Oktober 2017.

Berikut hasil lengkap matchday terakhir ronde ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Selasa (5/9/2017):