Pelatih Kepala Pastikan Duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Berlanjut Sampai Asian Games 2018

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 12 September 2017 | 17:59 WIB
Pelatih nasional ganda campuran, Richard Mainaky, sedang berbicara saat konferensi peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Rabu (24/8/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Jalinan kerja sama pasangan ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dipastikan sang pelatih kepala, Richard Mainaky, berlanjut hingga Asian Games 2018.  

Hanya saja, tandem ganda campuran terbaik Indonesia ini tidak akan mengikuti semua turnamen yang masuk ke dalam kalender kompetisi Badminton World Federation (BWF).

"Saya harus memilih dan memilah turnamen mana yang perlu diikuti mereka. Saat ini, perlakuan untuk Tontowi dan Liliyana memang sudah berbeda," tutur Richard belum lama ini.

"Saya sudah tidak bisa memaksa Liliyana untuk mengikuti semua turnamen, baik itu superseries sekalipun. Namun, saya bisa pastikan mereka akan ada sampai Asian Games 2018," kata Richard lagi.


Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat menghadapi Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman), pada babak kedua turnamen All England di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, Kamis (9/3/2017). Tontowi/Liliyana menang 21-12, 21-13.(BADMINTON INDONESIA)

Nama Tontowi/Liliyana memang absen dari turnamen Korea Terbuka 2017 yang berlangsung di SK Handball Stadium, 12-17 September.

Mereka juga dikonfirmasi Richard tidak akan turun pada turnamen Jepang Terbuka 2017 yang dijadwalkan digelar satu pekan setelah Korea Terbuka tahun ini.

"Tontowi/Liliyana memang absen di Korea dan Jepang karena dari segi hitung-hitungan poin, tidak ada ruginya juga," ucap Richard.

"Selain itu, saya juga sudah terlanjur berjanji memberi mereka waktu libur selama satu bulan jika meraih gelar Indonesia Terbuka," kata kakak kandung mantan pebulu tangkis nasional, Rexy dan Marleve Mainaky.


Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat memenangi Indonesian Open 2017 setelah mengalahkan pasangan China, Zheng Siwei/Cheng Qingchen dengan skor 22-20, 21-15.(bwfworldsuperseries.com)