Ayah Max Verstappen Kecewa dan Sebut Keputusan dari Race Steward Sudah Diatur Sebelumnya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 20 September 2017 | 15:14 WIB
(dari ki-ka) Sebastian Vettel, Max Verstappen, dan Kimi Raikkonen terlibat insiden di awal GP Singapura 2017 yang digelar pada Minggu (17/9/2017). (Twitter.com/redbullracing)

Kasus tabrakan antara Max Verstappen dengan dua pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, saat F1 GP Singapura (17/9/2017) kembali menyisakan tanda tanya meski race steward sudah memberikan keputusan resmi.

Setelah meminta keterangan dari ketiga pebalap, race steward memutuskan jika kejadian tersebut adalah insiden balap dan tidak memberikan hukuman apapun.

Seperti dikutip BolaSport.com dari Planet F1, Jos Vestappen yang merupakan ayah Max Verstappen, mengatakan jika keputusan race steward tersebut berbau politik.

"Sulit bagi anda untuk bisa menyalahkan Max dalam hal ini," ujar Jos Verstappen yang dulunya juga merupakan seorang pebalap.

Jos Verstappen menuding jika sudah ada kesepakatan sebelumnya untuk tidak menghukum Sebastian Vettel.

(Baca Juga: Ferrari Jelaskan Twit yang Memancing Emosi Tim Red Bull Racing Terkait Insiden GP Singapura )


Mantan pebalap F1 dari Kanada, Jacques Villeneuve (kiri), tengah berbincang dengan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen (kanan), dan ayahnya, Jos Verstappen (tengah) di sela sesi latihan ketiga GP Jerman di Hockenheimring, Sabtu (30/7/2016)(MOTORSPORT.COM)

Pada balapan F1 GP Singapura (17/9/2017) ketiganya harus mengakhiri balapan lebih awal karena bersinggungan hanya beberapa saat setelah start.

Kala itu Raikkonen mencoba menyalip Verstappen melalui sisi kiri lintasan, sebelum petaka datang ketika Sebastian Vettel - yang berada di sebelah kanan Verstappen mencoba menutup jalur Max Verstappen.

Max Verstappen yang mencoba menghindari Vettel harus bersenggolan dengan Raikkonen dan sempat dalam posisi terjepit di antara kedua pebalap Ferrari tersebut.