Triumvirat Sepak Bola - Dimulai dengan Di Stefano-Gento-Pukas II

By Kamis, 28 September 2017 | 13:54 WIB
Tiga penyerang Barcelona, (kiri-kanan) Luis Suarez (kiri), Neymar (tengah), dan Lionel Messi (kanan), mengikuti sesi latihan di Barry University, Miami, Florida, pada 27 Juli 2017, dua hari menjelang laga International Champions Cup melawan Real Madrid. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Triumvirat, atau triumvirate dalam bahasa Inggris dan triumviratus dalam bahasa Latin, secara harfiah berarti tiga laki-laki. Biasa dipakai dalam sebuah rezim politik yang didominasi oleh tiga orang penguasa yang masing-masing disebut sebagai triumvir.

Penulis: Dian Savitri

Triumvirat di politik yang pertama kali terbentuk adalah pada zaman Romawi Kuno, berisi Julius Caesar, Pompey, dan Crassus, pada 60 Sebelum Masehi.

Di sepak bola, istilah itu belakangan diadopsi untuk menggambarkan sebuah trio yang sangat dominan dalam sebuah tim, sebuah trio yang bisa menentukan jalannya pertandingan dan hasil akhir.

(Baca Juga: Dilelang, Ini Harga Mobil Juara Milik Michael Schumacher pada F1 Musim 2001)

Triumvirat di sepak bola biasanya identik dengan pemain yang menempati posisi serangan. Jumlah gol dan assist menjadi lambang dominasi mereka.

Gara-gara trio MSN di Barcelona dan BBC di Real Madrid, maka istilah triumvirat di sepak bola pun sering muncul. Kadang disebut juga sebagai trident.

Sebenarnya, sejak kapan trio maut sepak bola muncul? Menurut Eurosport, trident terlawas adalah trio Real Madrid, Alfredo Di Stefano- Francisco Gento-Ferenc Puskas.


Trio penyerang Real Madrid: (Kiri-kanan) Alfredo Di Stefano, Francisco Gento, dan Ferenc Puskas.(@SPORX/TWITTER)

Trio itu terbentuk pada musim 1958/59, ketika Puskas pertama kali hadir di Madrid. Tanpa Puskas, Di Stefano dan Gento sudah mempersembahkan tiga trofi Piala Champion 1956, 1957, dan 1958.