Peringkat Bulu Tangkis Dunia - Absen Sebulan, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Alami Nasib Serupa

By Any Hidayati - Jumat, 29 September 2017 | 16:46 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, hormat kepada bendera saat menyanyikan lagu Indonesia Raya seusai meraih medali emas yang didapat dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 yang berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8/2017). (BADMINTON PHOTO)

Absen dari beberapa turnamen memberi dampak terhadap posisi peringkat dunia para pebulu tangkis.

Tak terkecuali bagi runner-up dan juara Kejuaraan Dunia BWF asal Indonesia, yakni pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro (ganda putra) dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran.

Absen dari dua turnamen superseries di Benua Asia, Korea Open dan Japan Open 2017, membuat Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro kehilangan poin dan turun satu peringkat.

Sempat naik 9 setrip pasca-menjadi finalis Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017, posisi Ahsan/Rian kemudian turun ke posisi ke-21 dunia.

Baca juga: Peringkat Bulu Tangkis Dunia - 4 Pebulu Tangkis Ini Melompat Tinggi di Peringkat Dunia, 2 di Antaranya Wakil Indonesia!

Kini, setelah lima pekan menduduki posisi ke-21 dunia, peringkat Ahsan/Rian turun ke peringkat ke-22, terhitung pada pekan ke-39 kalender kompetisi 2017. 


Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, berpose dengan medali perak yang didapat dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 yang berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8/2017).(BADMINTON PHOTO)

Ahsan/Rian semula sempat terdaftar pada turnamen Vietnam Open 2017, tetapi mereka lalu memutuskan mundur.

Masa absen Ahsan/Rian berlanjut pada Korea Open dan Japan Open 2017.

Alhasil, Ahsan/Rian tak mendapat tambahan satu poin pun selama bulan September.