F1 GP Malaysia 2017 - Ternyata Pebalap Ini Yang Sebabkan Romain Grosjean Celaka

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 29 September 2017 | 21:01 WIB
Pebalap Haas, Romain Grosjean, mengalami pecah ban karena melindas penutup drainase saat tampil di FP2 GP Malaysia (29/9/2017). (FORMULA 1)

Kecelakaan yang menimpa pebalap Haas, Romain Grosjean, mengakibatkan sesi latihan bebas kedua GP Malaysia (29/9/2017) terpaksa dihentikan.

Bukan soal seberapa parah kecelakaan yang membuat race steward memutuskan untuk mengakhiri latihan bebas kedua melainkan karena menemukan lubang menganga pada kerb yang dilewati oleh Grosjean.

Seperti dicatat oleh BolaSport.com, kecelakaan yang menimpa Romain Grosjean diakibatkan oleh ban belakang yang pecah karena menghantam penutup drainase yang sedikit mencuat di atas kerb.

Adalah Kimi Raikkonen yang sebelumnya melewati bagian kerb tersebut.

Sebenarnya saat Kimi hendak melewati tikungan tersebut, manuver yang dilakukan pebalap di depannya juga sempat membuat penutup drainase tersebut sempat mencuat meski berhasil kembali ke posisinya semula.

"Ada sesuatu yang mencuat dari di atas kerb (saat itu)", ujar Kimi Raikkonen seperti dikutip BolaSport.com dari Scuderia Ferrari.


Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, secara tidak sengaja membuat penutup drainase mencuat di atas kerb saat FP2 GP Malaysia (29/9/2017).(FORMULA 1)

Malang bagi Grosjean setelah Kimi melewati bagian kerb yang sama, penutup drainase tersebut kembali mencuat dan tersangkut di atas kerb.

Akibatnya, ban belakang pebalap Swiss tersebut pecah saat melindas penutup tersebut sekaligus membuatnya menghantam pembatas dinding pembatas akibat kehilangan kendali mobilnya.

Grosjean tidak mengalami cedera yang serius akibat insiden tersebut.