Tahun Depan, Indonesia Bakal Punya 3 Turnamen Grade 2

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 3 Oktober 2017 | 22:27 WIB
Ketua Umum PP PBSI Wiranto (kedua dari kiri) berfoto dengan Executive Officer Daihatsu Motor Jepang Osamu Naruse (kedua dari kanan), Direktur Astra Daihatsu Motor Indonesia Amelia Tjandra (paling kanan), dan Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, seusai menandatangani MoU sponsorship untuk turnamen Indonesia Masters di Pelataran Ramayana, Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (3/10/2017). (BADMINTON INDONESIA)

Mulai tahun depan, Indonesia dipastikan bakal menggelar tiga turnamen bulu tangkis grade 2.  

Hal ini terjadi setelah Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) mengubah sejumlah level turnamen yang sudah bergulir.

Salah satu turnamen di Indonesia yang mengalami perubahan level kejuaraan ialah Indonesia Open dan Indonesia Masters.

Berdasarkan data yang dihimpun JUARA.net, Indonesia Open yang semula merupakan turnamen grade 2 level 3 atau setara dengan super series premier kini naik tingkat menjadi turnamen grade 2 level 2.

Kenaikan tingkat turnamen ini menjadikan Indonesia Open kini berlevel premier of premier.

Sementara itu, Indonesia Masters yang semula merupakan turnamen grade 2 level 5 atau setara dengan grand prix gold kini naik kelas menjadi turnamen grade 2 level 4.

Dengan kenaikan level tersebut, mulai tahun depan Indonesia Masters akan menjadi turnamen dengan level super series.

Adapun satu turnamen lainnya yang hingga saat ini masih belum diberi nama akan menjadi kejuaraan dengan grade 2 level 5 atau setara dengan grand prix gold.

Tahun depan, kalender kompetisi BWF grade 2 di Tanah Air akan bergulir masing-masing pada Januari (Indonesia Masters), Juli (Indonesia Open), dan November untuk turnamen level grand prix gold.

Berikut keterangan level untuk turnamen grade 2.