Langkah Pecatur Iran yang Tolak Behijab Ternyata Pernah Dilakukan Juga oleh Pecatur Rusia

By Any Hidayati - Rabu, 4 Oktober 2017 | 09:23 WIB
Dorsa Derakhshani, pecatur wanita Iran yang menolak aturan wajib berhijab saat berkompetisi. (Twitter.com/WCTassociation)

Dorsa Derakhshani mendapat sorotan media internasional karena pecatur cantik asal Iran ini menolak mengenakan hijab ketika bertanding di kompetisi catur Internasional.

Dorsa Derakhshani tampil tanpa mengenakan hijab kala berkompetisi di turnamen Tradewise Gibraltar Chess, Gibraltar, pada Februari 2017.

Keputusan tersebut membuat pecatur berusia 19 tahun ini dilarang masuk ke skuat catur nasional Iran.

Seperti dikutip BolaSport.com dari Telegraph, Presiden federasi catur Iran, Mehrdad Pahlevanzadeh membenarkan bahwa Dorsa tak lagi menjadi bagian dari tim nasional.

"Dorsa hanya bermain sekali untuk Iran pada tahun 2014," ujar Mehrdad Pahlevanzadeh.

(Baca juga: Gara-gara Menolak Mengenakan Jilbab, Pecatur Cantik Ini Dilarang Masuk Timnas Catur Iran Hingga Akhirnya Memutuskan Pindah Negara)

Dorsa Derakhshani sudah meninggalkan Iran untuk pindah ke Barcelona sejak 2015 untuk memenuhi undangan klub catur yang mendukung studinya.

Aksi penolakan aturan wajib berhijab dari federasi catur Iran ini juga pernah dilakukan oleh pecatur Rusia, Nazi Paikidze-Barner.

Pecatur wanita ini menolak tampil di Women’s World Chess Championship yang berlangsung di Teheran, Iran, sebagai bentuk protes atas regulasi berhijab.


Pecatur Rusia, Nazi Paikidze-Barnes(unwatch.org)