IMI Bertekad Bawa WRC dan Kejuaraan Drifting ke Indonesia

By Imadudin Adam - Kamis, 5 Oktober 2017 | 11:24 WIB
WRC (IMI)

 Ikatan Motor Indonesia (IMI) bertekad untuk membawa balapan internasional ke Indonesia.

Balapan yang cukup berpeluang digelar di Tanah Air di antaranya Kejuaraan Reli Dunia atau WRC serta Kejuaraan Dunia Drifting.

"Kami beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan promotor WRC. Mereka berpikir secara komersial dan bisa saja Indonesia langsung menggelar WRC," kata Ketua Umum IMI Sadikin Aksa di sela Rapat Koordinasi Olahraga dan Wisata IMI 2017 seperti dikutip Bolasport.com dari Wartakota.

Menurut dia, jika dilihat dari peluang, cukup terbuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah salah satu seri WRC mengingat saat ini tidak ada negara di Asia yang masuk dalam kalender kejuaraan di bawah naungan Federasi Automobil Internasional atau FIA.

(Baca Juga: Jalani Musim Debut, Tim Kecil ini Puas dengan Raihan di Kasta MotoGP)

Selain itu, syarat untuk menjadi tuan rumah juga tidak seperti dulu karena harus dipantau dari kejuaraan nasional hingga Asia Pasifik.

Saat ini, persyaratan dinilai lebih longgar dan membuat peluang Indonesia menjadi tuan rumah lebih terbuka.

"Mereka (promotor) bakal bertanya ke tim pabrikan yang ikut di WRC. Apakah mereka ingin balapan di Indonesia. Bicara peluang, kans Indonesia besar," kata pria yang akrab dipanggil Ikin itu.

WRC sebenarnya bukan hal yang baru bagi Indonesia. Pada 1996-1997, Indonesia masuk kalender balap WRC.

Untuk menjadi tuan rumah saat itu, salah satu syaratnya yang harus dipenuhi adalah pernah dan sukses menjadi tuan rumah reli nasional dan Asia Pasifik.