6 Pemuda yang Berhasil Mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional

By Imadudin Adam - Jumat, 6 Oktober 2017 | 10:58 WIB
Egy Maulana Vikri berfoto bersama fan di sesi latihan Timnas U-19 Indonesia, Senin (2/10/2017 di Stadion Patriot, Bekasi. (MOCHAMAD HARY/SUPERBALL.ID)

Indonesia seharusnya bangga memiliki enam pemuda ini, di usia yang tergolong belia, para pemuda ini sudah sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Memasuki pertengahan tahun 2017, banyak sekali prestasi yang telah dan akan dilakukan oleh anak muda Indonesia pada beragam bidang, diantaranya dalam cabang olaharga sepakbola dan balapan motor seperti dikutip Bolasport.com dari Tribunnews.com.

Belum genap berusia 30 tahun, mereka telah berhasil membawa nama harum bangsa Indonesia, sesuatu yang jarang dilakukan oleh orang-orang seusianya. Mereka juga dianggap sebagai masa depan bagi persepakbola dan balapan Indonesia. Mereka diantaranya:

Egy Maulana Vikri (sepak bola)

Penyerang sayap Timnas Indonesia U-19 ini mulai dikenal masyarakat sejak bergulirnya Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar. Apalagi usai Timmnas U-19 berhasil lolos ke babak seminfinal, pemuda berusia 17 tahun itu semakin dikenal banyak orang.

Dijuluki Kelok 9 oleh presenter sepak bola Valentino Jebret, Egy memantapkan dirinya menjadi top skorer Piala AFF 2017 dengan mengkoleksi delapan gol.

"Alhamdulilah saya mendapatkan gelar top scorer," kata Egy seusai timnas U-19 mengalahkan Myanmar dengan skor 7-1 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18, Minggu (17/9/2017).

Egy menjadi top scorer dengan catatan delapan gol. Terakhir, Egy mencetak dua gol saat melawan Myanmar. Yang Egy lakukan ini melampaui torehan pemain Myanmar, Win Naing Tun, dengan tujuh gol.

Egy menyatakan pencapaian yang ia torehkan berkat kerja keras tim.

"Pencapaian ini bukan karena saya sendiri. Tanpa teman-teman, saya tidak bisa menjadi top scorer," tutur Egy.

Walaupun gagal membawa Indonesia ke babak final, kemampuan Egy dalam mengolah si kulit bundar bisa disejajarkan dengan pemain top dunia Lionel Messi.