Juara Shanghai Masters, Roger Federer Semakin Ungguli 2 Rival

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 17 Oktober 2017 | 17:49 WIB
Petenis tunggal putra Swiss, Roger Federer, mengucapkan kata sambutan seusai menjuarai turnamen Shanghai Masters. Federer menjadi kampiun setelah menundukkan petenis Spanyol, Rafael Nadal (belakang), 6-4, 6-3, Minggu (15/10/2017). (NICOLAS ASFOURI/AFP PHOTO)

Gelar juara Shanghai Masters 2017 yang diraih Roger Federer membawa petenis tunggal putra asal Swiss itu semakin unggul atas dua rivalnya.   

Hasil tersebut tak cuma sekadar memperpanjang rekor kemenangan beruntunnya dalam lima pertemuan terakhir dengan Nadal, tetapi juga membuktikan bahwa Federer adalah sosok tua-tua keladi.

Ya, serupa dengan minuman wine yang semakin tua usianya semakin enak, Federer juga menunjukkan bahwa berumur 36 tahun adalah hal menakjubkan.

Berdasarkan catatan ATP World Tour, raihan gelar juara di Shanghai, China, akhir pekan lalu kian mengokohkan posisi Federer sebagai pengumpul titel turnamen besar paling banyak.

(Baca juga: Reaksi Marc Marquez Saat Ditanya soal Referendum Catalonia)

Melalui tambahan gelar Shanghai Masters 2017, Federer kini tercatat memiliki total 52 titel turnamen besar.

Perinciannya, 19 gelar Grand Slam, 6 titel ATP Finals, dan 27 gelar Masters 1000.

Jumlah keseluruhan gelar tersebut melampaui catatan Novak Djokovic (Serbia) dan sang seteru abadi, Nadal.

(Baca juga: Kunjungi Serpong, Marc Marquez dan Dani Pedrosa Sapa Para Pelajar SMK)

Djokovic untuk sementara berada di urutan kedua dengan 47 titel. Adapun, Nadal berada di peringkat ketiga dengan 46 gelar.