Mari Mengenal Ajang Triatlon Ironman World Championship

By Imadudin Adam - Rabu, 25 Oktober 2017 | 16:28 WIB
Atlet triatlon Indonesia, Inge Prasetyo dan Andi Wibowo (kanan) berpose setelah mengikuti Ironman World Championship, Kona, Hawaii di Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (25/10/2017). (IMADUDIN ADAM/BOLASPORT.COM)

Dua atlet triatlon Indonesia, Andy Wibowo dan Inge Prasetyo, mengikuti IRONMAN World Championship yang berlangsung di Kailua-Kona, Hawaii pada Minggu (14/10/2017) lalu.

Lomba ini diadakan sebagai salah satu tantangan bagi para atlet yang sukses di lomba-lomba ketahanan berenang, berlari, dan biathlon.

Biathlon adalah olahraga musim dingin yang mempertandingkan dua cabang olahraga yaitu ski lintas alam dan menembak.

Ajang IRONMAN World Championship selaku digelar di Kona sejak digagas pada 1977.

Pasangan Judy dan john Collins mengajukan rancangan lomba yang mengombinasikan tiga olahraga ketahanan terberat di Hawaii.

Tiga olahraga ketahanan itu adalah berenang 3,8 kilometer di pantai Waikiki dengan ombak yang menantang, bersepeda sejauh 180 kilometer mengelilingi pulau O'ahu, dan berlari maraton sejauh 42,195 kilometer di Honolulu dalam satu acara lomba.

Pada 1978, sebanyak 15 orang hadir di Waikiki untuk menghadapi tantangan IRONMAN. Menjelang lomba, tiap peserta menerima tiga lembar kertas yang berisi sejumlah aturan dan gambaran lintasan lomba.

Pada bagian akhir tertulis, "Berenang 3,8 kilometer! Bersepeda 180 kilometer! Berlari 42,195 kilometee! Bangga untuk selama sisa hidup anda!"

Pada 1981, lokasi lomba dipindahkan dari pantai tenang di Waikiku ke kawasan tandhs Kona di Big Island, Hawaii.