Ekspedisi 28 Gunung Tepat di Hari Sumpah Pemuda

By Budi Kresnadi - Senin, 30 Oktober 2017 | 14:37 WIB
Ketua tim ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara (kiri) ketika memberi keterangan kepada media di Bandung, Sabtu (28/10/2017). (BUDI KRESNADI/BOLASPORT.COM)

Banyak cara dilakukan untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda. Namu,  langkah yang dipilih Eiger, salah satu brand adventure nasional terbilang unik.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017) Eiger menyelenggarakan ekspedisi 28 Gunung di Indonesia.

Ekspedisi menjelajahi kemegahan gunung yang tersebar dari ujung Sumatera hingga Papua dilakukan oleh 28 tim secara serentak.

(Baca Juga: Ada Hubungan yang Erat antara Gol Jamie Vardy dengan Start Mulus Para Pelatih Leicester City)

Ketua tim ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara mengatakan, pemilihan 28 gunung ini memiliki alasan khusus yaitu mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia. Mulai dari wilayah barat,tengah, dan timur yang berbeda karakteristiknya.

"Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini yang akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya pendaki gunung," jelas Galih kepada wartawan di Bandung, Sabtu (28/10/2017).

(Baca Juga: Seusai MU Meraih Kemenangan, Gomes de Oliviera Sampaikan Ini untuk Persiba Balikpapan)

Tepat pada 28 Oktober 2017 ke 28 tim yang berangkat mengadakan upacara bendera sekaligus pembacaan Sumpah Pemuda.

Ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan pencapaian pembacaan teks Sumpah Pemuda secara serentak di kawasan gunung Indonesia terbanyak.

Berikut 28 gunung yang menjadi tempat ekspedisi peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017: