Hari Sepeda Nasional Telah Dicanangkan

By Imadudin Adam - Senin, 20 November 2017 | 07:51 WIB
Menpora Imam Nahrawi memberikan sambutan pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2017). (GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM)

Hari Sepeda Nasional telah dideklarasikan pada Minggu (19/11/2017) di Sragen, Jawa Tengah.

Itu artinya, kita akan memperingati Hari Sepeda Nasional setiap tanggal 19 November.

Pencanangan Hari Sepeda Nasional bertepatan dengan berakhirnya Program Gowes Pesona Nusantara 2017 yang berakhir di kabupaten ke-90 di Sragen, Jawa Tengah.

Menurut Menpora, Pencanangan ini menjadi momentum penting, deklarasi dari perwakilan komunitas se-Indonesia menjadi masukan penting Menpora yang akan meneruskan hal itu kepada Presiden untuk diberikan payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres).

Menpora berharap selain bergowes menyehatkan juga menjadi ajang silaturahmi dan perekat bangsa.

"Bersepeda telah dicontohkan para pendahulu dan pejuang bangsa selain menyatukan bangsa dapat merangkai keberbedaan, saat ini kita ulangi dan kembangkan lagi," tutur Menpora, Imam Nahrawi seperti dikutip Bolasport.com dari Kemenpora.go.id.

(Baca Juga: Dua Pegulat Kawakan WWE Ini Akan Beraksi pada Survivor Series)

Pihaknya akan segera menyampaikan kepada Presiden terkait deklarasi dari perwakilan komunitas sepeda dari seluruh nusantara.

"Dorongan dari komunitas bersepeda dalam penetapan HBN kepada saya akan segera di sampaikan kepada Bapak Presiden untuk menjadi ketetapan bersama," ungkap Imam.

"Semoga akan ada Inpres atau Keppres atau cukup menjadi turunan dari sebuah Inpres tentang Germas yaitu mungkin Menpora menetapkan hari bersepeda atau sebagainya," tambahnya.