Mengetahui Sejarah Asian Games 1962 di Jakarta

By Imadudin Adam - Selasa, 5 Desember 2017 | 08:26 WIB
Suasana dalam stadion saat Menpora Imam Nahrawi meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017). (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM)

 Asian Games selalu menyimpan beragam cerita menarik di setiap perhelatannya. Terutama sewaktu Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya pada tahun 1962.

Di bawah kepemimpinan presiden Soekarno, salah satu pesta olahraga terbesar iniseolah merupakan angin segar bagi Indonesia yang kala itu belum dikenal dunia.

Lalu, apa yang membuat sejarah Asian Games Jakarta 1962 tak terlupakan? Ini dia sejarah Asian Games 2018 1962 di Jakarta seperti dikutip Bolasport.com dari situs resmi Asian Games 2018.

1. Berdirinya Gelora Bung Karno


Kondisi terakhir progres renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (8/8/2017).(BolaSport/Feri Setiawan)

Sejarah Asian Games Jakarta 1962 selalu dikaitkan dengan berdirinya Gelora Bung Karno.

Banyak orang menilai kalau tanpa adanya Asian Games saat itu, mungkin kita tak akan pernah bisa merasakan berbagai fasilitas olahraga di Senayan hingga sekarang.

Ya, berdirinya Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah mandat dari terpilihnya Indonesia dalam sidang Asian Games Federation (AGF) yang berlangsung di Tokyo pada tanggal 28 Mei 1958.

(Baca Juga: Soal Pembahasan Kontrak Daniel Ricciardo Tidak Ingin Terburu-buru)

Luasnya Kawasan Gelora Bung Karno berdiri di bekas 4 kampung yakni, kampung Senayan, Petunduan, Kebun Kelapa dan Bendungan Hilir.