Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Rusia Justru Dilarang Tampil di Olimpiade

By Fabianus Riyan Adhitama - Rabu, 6 Desember 2017 | 12:16 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan pidato jelang undian fase grup Piala Dunia 2018 di State Kremlin Palace, Moskwa, 1 Desember 2017. (YURI KADOBNOV/AFP)

Rusia punya hajat besar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang, tetapi seluruh atlet dari berbagai cabang olahraga justru terancam gagal ikut Olimpiade Musim Dingin 2018.

Kabar tak sedap justru datang dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeong Chang, Korea Selatan.

Alasannya mengejutkan, IOC telah melakukan investigasi mendalam kepada negara pimpinan Vladimir Putin tersebut.

Mereka menemukan bukti-bukti kecurangan yang dilakukan oleh Rusia dalam ajang olahraga Internasional.

Kecurangan yang dimaksud adalah penggunaan doping pada atlet-atlet Rusia.


Petenis putri Rusia, Maria Sharapova, melakukan selebrasi setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Sofia Kenin, pada babak ketiga turnamen AS Terbuka 2017 yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Jumat (1/9/2017) malam waktu setempat atau Sabtu pagi WIB. Sharapova menang dengan skor 7-5, 6-2.(ELSA/AFP PHOTO)

Diketahui sebelumnya, atlet tenis putri asal Rusia, Maria Sharapova juga baru saja lepas dari skandal doping yang menimpanya.

Sebenarnya, indikasi penggunaan doping oleh Rusia sudah ada sejak Olimpiade Musim Panas di Rio de Janeiro, Brasil 2016 yang lalu.

Thomas Bach sebagai Presiden IOC mengatakan,"Saat Olimpiade Rio, kami tidak dapat mendengarkan pendapat dari pihak Rusia. Kesalahan ada pada laboratorium di Moskow".

Setahun sebelum Olimpiade Rio, Agensi Anti-Doping Dunia memaparkan reportase soal skandal tersebut.