Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra Bawa Indonesia Difavoritkan pada Piala Thomas 2018

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 Desember 2017 | 12:00 WIB
Para pemain tim Piala Thomas Indonesia (baju merah) berpose setelah menerima medali hasil menjadi runner-up Piala Thomas 2016 di Kunshan, China, Minggu (22/5/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Tim Thomas Indonesia diprediksi akan menjadi tim favorit ketika kejuaraan beregu ini digelar pada 20-27 Mei 2018 di Bangkok, Thailand.

Hal tersebut dilihat dari prestasi yang ditorehkan pasangan ganda putra nasional, Marcus Fernadi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang meraih tujuh gelar superseries sepanjang musim kompetisi 2017.

Selain itu, Indonesia juga menambah amunisi dengan kembalinya Hendra Setiawan ke pelatnas, Cipayung, Jakarta mulai 2018.

Hendra sebelumnya mengaku siap bergabung jika Indonesia membutuhkan jasanya untuk memperkuat Piala Thomas.

"Selama saya masih dipercaya oleh pelatih, saya siap untuk kembali ke timnas, mengingat tim Piala Thomas akan memulai persiapan sejak Januari," kata Hendra seperti dilansir Bolasport.com dari badmintonplanet.

Hendra juga menjelaskan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki banyak pemain ganda putra berkualitas. Namun, banyak pemain yang belum stabil.

"Saya pikir Indonesia memiliki banyak pemain ganda putra yang baik. Namun, mereka tidak cukup stabil, kecuali Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo," ucap peraih medali emas Olimpiade Bejing 2008 bersama Markis Kido ini.

Hendra sebelumya, mengundurkan diri dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) pada 1 Desember 2016 dengan alasan ingin memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda.

(Baca juga: Rahasia Marcus Fernaldi Lawan Cedera di Partai Final)

Selama 2017 dia bertandem dengan Tan Boon Heong (Malaysia).