Hanya Karena Batuk, Atlet Darts Ini Dianggap Melakukan Kecurangan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 23 Desember 2017 | 18:22 WIB
Atlet darts, Justin Pipe (kanan), batuk saat lawannya Bernie Smith (kiri) melakukan lemparan pada kejuaraan PDC World Darts Championship 2018 yang berlangsung di Alexandra Palace, London. (SKY SPORTS)

Hanya karena batuk di tengah pertandingan, seorang atlet darts mendapat kritikan keras.

Atlet bernama Justin Pipe dihujat karena dianggap sengaja batuk untuk mengganggu lawannya, Bernie Smith, yang mendapat giliran melempar pada pertandingan babak pertama PDC World Darts Championship 2018, Rabu (20/12/2017).

Bernie Smith hanya perlu dua kali mencetak skor 10 untuk lolos ke putaran kedua turnamen yang berlangsung di Alexandra Palace, London.

(Baca Juga: Bos Ducati: Jorge Lorenzo Menjadi Salah Satu Alasan Andrea Dovizioso Tampil Impresif Tahun Ini)

Akan tetapi, Smith gagal melakukannya sehingga harus angkat koper dari ajang tersebut.

Aksi Pipe yang mendekati sang lawan sebelum terbatuk membuat dirinya dianggap melakukan kecurangan.

"Itu sebuah perilaku yang benar-benar tercela oleh pemain profesional," ujar komentator pertandingan, Wayne Mardle dikutip BolaSport.com dari Daily Mail.

"Setiap pemain darts, selain Justin Pipe, pasti sudah berpaling untuk batuk. Namun, dia tidak berusaha melakukannya," imbuhnya.

Pipe tidak merasa bersalah dan beralasan kalau dirinya sama sekali tidak memiliki niat untuk mengganggu konsentrasi sang lawan.

"Bernie tidak mengatakan apapun kepada saya malam itu. Sejauh yang saya ketahui, tidak ada keluhan dari pihaknya dan kritikan itu terlalu dilebih-lebihkan," kata Pipe.