India Semestinya Mencontoh Indonesia Jika Ingin Memiliki Pemain Ganda yang Bagus

By Susi Lestari - Kamis, 28 Desember 2017 | 22:41 WIB
Jwala Gutta (kiri) dan Ashwini Ponnappa (kanan) saat Commonwealth Games 2014 (India.com)

Pebulu tangkis India, Ashwini Ponnappa, mengatakan jika negaranya ingin memiliki pemain ganda yang bagus maka perlu meniru Indonesia dan negara lain.

"Tahun 2017 telah menjadi tahun yang baik bagi ganda India. Untuk pertama kalinya India memiliki pasangan ganda campuran, pasangan ganda putri dan putra yang lumayan bagus," kata Ashwini dikutip BolaSport.com dari News 18.

Pemain spesialis ganda putri yang pernah meraih medali emas Commonwealth Games 2010 saat berpasangan dengan Jwala Gutta itu pun menyebutkan beberapa nama pemain ganda India yang memiliki masa depan bagus.

"Pasangan ganda campuran India, N. Sikki Reddy/Prannav Jerry Chopra mencapai semifinal di beberapa turnamen,"

"Sementara Chirag Shetty yang berpasangan dengan Satwiksairaj Rankireddy telah memgalahkan beberapa pemain hebat," ujar Ashwini.

(Baca Juga: Tekad Mantan Ganda Putra Nomor 1 Dunia setelah Dipasangkan Kembali)

Pemain berusia 28 tahun itu pun mengungkapkan jika kehadiran dua pasang pemain itu menjadi penanda positif bahwa pemain ganda India semakin bagus.

Meski begitu, Ashwini menyarankan agar India lebih fokus lagi membina pemain ganda.

"Pemain tunggal di India sudah sangat bagus. India hanya perlu menfokuskan diri lebih kepada pemain ganda," ujar Ashwini lagi.

Belajar dari negara lain juga sangat diperlukan untuk India apabila ingin meningkatkan kualitas dari pemain gandanya.

"Jika melihat Indonesia, China, dan Korea Selatan, mereka minimal memiliki lima pasang yang tampil sangat baik di tingkat internasional. Hal itu bisa dicontoh oleh India," kata pemain kelahiran Bangalore.