Arab Saudi Akhirnya Izinkan Perempuan untuk Nonton Sepak Bola Langsung di Stadion

By Susi Lestari - Minggu, 7 Januari 2018 | 20:27 WIB
Para pemain Uni Emirat Arab berpose menjelang kick-off partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Arab Saudi di Hazza Bin Zayed Stadium, Al Ain, 29 Agustus 2017. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Arab Saudi mulai berbenah dalam penerapan hak-hak bagi perempuan.

Salah satu hak yang tidak lama lagi akan diberikan kepada para perempuan Saudi adalah diperkenankannya mereka menonton pertandingan sepak bola di stadion.

Gagasan perempuan diperbolehkan untuk menonton langsung muncul beberapa tahun yang lalu saat Ahmed Eid menjadi Ketua Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

"Ada kemungkinan untuk meningkatkan 15 persen dari kapasitas Stadion Raja Abdullah di Jedah akan dialokasikan untuk sektor khusus keluarga, di mana perempuan bisa menonton pertandingan secara langsung," kata Eid dikutip BolaSport.com dari Kompas.

(Baca Juga: Skandal Pesumo Ini Cerminkan Pepatah, Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga)

Beberapa tahun setelah pernyataan Eid yang memicu perdebatan itu, Arab Saudi akhirnya mengambil kebijakan yang tegas.

Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan setiap perempuan bisa menonton langsung ke stadion dan kebijakan ini akan diberlakukan mulai pekan depan.

Sebagai langkah awal penerapan kebijakan ini, Pemerintah telah memperbolehkan perempuan-perempuan Saudi Arabia untuk melihat pertandingan Liga Profesional Saudi yang digelar di tiga stadion.

(Baca Juga: Presiden UFC: Saya Bisa Segera Melucuti Gelar Juara Conor McGregor karena Alasan Ini)

Tiga stadion tersebut adalah King Fahd International Stadium di Riyadh, Stadion Raja Abdullah di Jeddah, dan Stadion Pangeran Mohammad bin Fahd di Dammam.