Australian Open 2018 - Roger Federer Sebut Dirinya Tidak Pantas Jadi Favorit Juara

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 15 Januari 2018 | 15:57 WIB
Petenis Swiss, Roger Federer, mengembalikan bola pukulan dari Andy Murray, pada laga tenis ekshibisi amal bertajuk (ANDY BUCHANAN/AFP PHOTO)

Petenis tunggal putra terbaik Swiss saat ini, Roger Federer, menilai dirinya tidak pantas menjadi favorit juara pada turnamen Australian Open 2018.

Hal tersebut tidak lepas dari faktor usia Federer yang sekarang sudah menginjak 36 tahun.

"Saya tidak memasang target muluk karena saya pikir tidak sepantasnya pemain berusia 36 tahun menjadi favorit juara pada sebuah turnamen," tutur Federer yang dilansir BolaSport.com dari BBC, Senin (15/1/2018).

"Bukan itu tujuan saya. Itulah kenapa sekarang saya lebih tenang menjalani fase karier saat ini," kata juara bertahan Australian Open itu.

(Baca juga: Satu Lagi Murid Valentino Rossi Akan Tampil pada MotoGP Musim Depan)

Lebih lanjut, Federer menyebut nama rival abadinya, Rafael Nadal, dan mantan petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, sebagai favorit juara Australian Open 2018.

"Mereka sangat bisa menjadi favorit juga karena tahun lalu Rafa menjalani musim kompetisi yang bagus, sedangkan Novak memiliki enam titel dari sini, meski belum diketahui secara pasti seperti apa perasaannya sekarang," kata Federer.

Federer akan memulai perjuangan mempertahankan gelar juaranya di Melbourne Park dengan menghadapi Aljaz Bedene (Slovenia) pada babak kesatu, Selasa (16/1/2018).

(Baca juga: Anthony Joshua: Setelah Saya Mengalahkan Parker, Saya Tidak Akan Menjabat Tangannya)

Sementara itu, Nadal yang merupakan finalis tahun lalu, saat ini tengah melakoni pertandingan babak kesatu Australian Open 2018 dengan melawan Victor Estrella Burgos (Republik Dominika).