Setara Kasus Doping Atlet Rusia di Olimpiade, Pelecehan Seksual di Tim Senam Amerika Serikat Jadi Perhatian Serius

By Any Hidayati - Sabtu, 27 Januari 2018 | 12:15 WIB
Mantan dokter tim senam Amerika Serikat, Larry Nassar, saat menjalani sidang atas kasus pelecehan seksual yang dilakukannya pada Rabu (24/1/2018) waktu Amerika Serikat. (BostonGlobe.com)

Kasus pelecehan seksual akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan di berbagai kalangan baik ranah mainstream maupun media sosial.

Kasus pelecehan seksual yang dilakukan salah satu perawat di sebuah rumah sakit di Surabaya viral diperbincangkan sejak video pengakuan korban beredar di media sosial.

Ternyata kasus serupa juga terjadi di tim senam Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

Dokter bernama Larry Nassar adalah mantan dokter tim senam Amerika Serikat yang dijatuhi hukuman selama 40 hingga 175 tahun atas dakwaan pelecehan seksual.

(Baca Juga: Ketua Umum KONI DIY Meninggal Dunia)

Hukuman tersebut diputuskan oleh hakim Rosemarie Aquilina setelah mendengar kesaksian belasan perempuan termasuk juara Olimpiade, Aly Raisman dan McKayla Maroney.

Peristiwa ini bisa disejajarkan dengan kasus doping atlet Rusia di Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014.


Menteri Olah Raga Rusia Vitaly Mutko akan mempelajari seluruh dokumen yang diberikan WADA tentang kasus doping di Rusia. (SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES)

Saat itu, sejumlah 11 atlet Rusia terdeteksi positif doping saat menjadi representasi negaranya.

"Kasus pelecehan di Amerika ini dapat dikatakan serupa dengan kasus doping yang menimpa atlet Rusia... Mungkin saja (karena menjadi isu besar)," ujar Dick Pound seperti dikutip BolaSport.com dari The Star.