Australian Open 2018 - Tembus 7 Final, Roger Federer Dapat Sanjungan dari Legenda Tenis Dunia

By Susi Lestari - Sabtu, 27 Januari 2018 | 17:21 WIB
Roger Federer setelah sukses mengalahkan Tomas Berdych pada babak perempat final Australian Open 2018 yang digelar Rabu (24/1/2018). (twitter.com/australianopen)

Mantan petenis putra nomor satu dunia dari Swedia, Mats Wilander, mengatakan Roger Federer menjadi pemain terbaik sepanjang gelaran Australian Open 2018.

Kecemerlangan Federer semakin jelas setelah mampu menciptakan satu lagi sejarah dengan mencapai rekor menembus tujuh kali final di Melbourne.

Tujuh kali masuk final, petenis Swiss berusia 36 tahun itu hanya sekali pernah mengalami kekalahan, yakni pada 2009 saat melawan Rafael Nadal dalam pertandingan lima set mendebarkan.

Pada Australian Open 2018, Federer meraih tiket ke final setelah mengalahkan petenis putra Korea Selatan, Chung Hyeon, pada pertandingan semifinal yang digelar di Rod Laver Arena, Melbourne, Australia, Jumat (26/1/2018).

(Baca Juga: Viktor Axelsen dan Sebuah 'Protes Tersembunyi' atas Peraturan Baru BWF)

Chung menyatakan mundur dari pertandingan saat Federer berada di posisi memimpin pada set kedua.

Petenis Negeri Ginseng berusia 21 tahun itu menyatakan mundur setelah mengalami cedera pada kaki kirinya.

Atas kegemilangan Federer, dalam usia yang tidak lagi muda, Wilander memberikan sanjungan.

"Federer telah menjalani 14 pertandingan semifinal dan 7 pertandingan final di Australian Open. Dia hanya pernah sekali mencatatkan kekalahan pada 2009," kata Wilander dikutip BolaSport.com dari Express.

"Saya pikir, Federer telah bermain tenis dengan cara terbaiknya sepanjang berkarier," lanjut Wilander memberi sanjungan kepada Federer.