Rafael Nadal dan Garbine Muguruza Terpilih Menjadi Atlet Terbaik Spanyol 2017

By Doddy Wiratama - Rabu, 7 Februari 2018 | 00:01 WIB
Petenis putri Spanyol, Garbine Muguruza (kanan), berpose dengan petenis putra Spanyol, Rafael Nadal, seraya memegang bendera negara mereka. Muguruza dan Nadal kini sama-sama berstatus pemain nomor 1 dunia. (Twitter/GarbiMuguruza)

Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa Spanyol adalah salah satu negara penghasil atlet berprestasi pada berbagai cabang olahraga bergengsi di dunia.

Beberapa pencapaian gemilang pernah ditorehkan atlet asal Spanyol pada beragam cabang olahraga, mulai dari sepak bola, MotoGP, F1, dan juga tenis.

Pada September 2017, cabang olahraga yang disebutkan terakhir memberikan satu lagi prestasi gemilang untuk Negeri Matador.

Untuk kali pertama sejak 2003, peringkat tenis tertinggi dunia pada sektor tunggal putra (ATP) dan tunggal putri (WTA) dikuasai oleh pemain yang berasal dari negara yang sama.

Catatan gemilang tersebut berhasil dibukukan oleh Rafael Nadal (tunggal putra) dan Garbine Muguruza (tunggal putri).

(Baca Juga : Jika Conor McGregor Cukup Pintar, Pensiun adalah Langkah Terbaik)

Sepanjang musim kompetisi 2017, Rafael Nadal tercatat sukses menjuarai 6 turnamen di mana 2 di antaranya merupakan level grand slam (Roland Garros 2017 dan US Open 2017).

Sementara itu, Garbine Muguruza berhasil memenangi 2 gelar, yakni pada Wimbledon 2017 dan Cincinnati Open 2017.

Berkat pencapaian tersebut, kedua petenis itu pun dianugerahi gelar atlet terbaik tahun 2017 dari harian olahraga Spanyol, Mundo Deportivo.

Nadal dan Muguruza menerima penghargaan tersebut saat menghadiri malam penganugerahan Mundo Deportivo edisi ke-70 yang digelar di Barcelona, Senin (5/2/2018).