Meski Kalah dari India, Fictor Roring Apresiasi Perjuangan Timnas Basket

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 9 Februari 2018 | 22:23 WIB
Pelatih timnas basket putra Indonesia, Fictor Roring (kiri), menghadiri konferensi pers seusai laga penyisihan Indonesia versus India pada test event Asian Games 2018 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat (9/2/2018). (DIYA FARIDA PURNAWANGSUNI/BOLASPORT.COM)

Kekalahan tim nasional (timnas) basket Indonesia dari India pada laga kedua penyisihan test event Asian Games 2018 disikapi dengan bijak oleh pelatih kepala Fictor Roring.

Menurut Fictor, perjuangan timnas saat menghadapi India di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat (9/2/2018), layak diapresiasi meski kalah dengan skor 55-66.

"Tadi saya bilang ke tim kalau (pada pertandingan) ini bukan soal menang atau kalah, tetapi tentang cara kami bermain," ujar Fictor Roring kepada media seusai laga.

"Saya melihat usaha anak-anak (pemain-red) sudah ada, mereka sudah fight. Namun, lawan kami tadi memang kuat," ucap pelatih yang akrab disapa Ito tersebut.

(Baca Juga: Kemacetan Lalu Lintas Jakarta Dikeluhkan Tim Basket Timor Leste)

Argumen Fictor Gideon Roring memang terlihat di atas lapangan.

Meski pada dua kuarter awal tak pernah berada dalam posisi memimpin, Christian Ronaldo Sitepu dkk tetap berjuang.

Kerja keras mereka sempat membuka harapan ketika tembakan tiga angka dari Andakara Prastawa Dhyaksa menemui sasaran pada beberapa menit akhir kuarter ketiga.

Aksi Prastawa tersebut membuat Indonesia berbalik unggul tipis 45-44 atas India.

Akan tetapi, asa Indonesia untuk meneruskan tren positif pada sisa pertandingan gagal menuai hasil.