Medali Emas Pertama di Olimpiade Musim Dingin 2018 Diraih oleh Atlet Swedia

By Imadudin Adam - Senin, 12 Februari 2018 | 05:39 WIB
Konfigurasi yang dibuat beberapa orang untuk menyambut olimpiade musim dingin PyeongChang 2018. (instagram.com/pyeongchang2018)

 Charlotte Kalla dari Swedia berhasil meraih medali emas pertama dari cabang olahraga ski Cross Country 7.5 km + 7.5m Skiathlon di Olimpiade Musim Dingin 2018 yang digelar pada 9-25 Februari 2018.

Selain Kalla yang meraih medali emas, medali perak diraih oleh Marit Bjoergen dari Norwegia merebut perak.

Sementara perunggu direbut Krista Parmakoski dari Finlandia.

Marit Bjoergen yang meraih medali emas di Olimpiade Sochi, Rusia 2014 dan sempat memutuskan mundur dari nomor 10km hanya terpaut 7.8 detik di belakang Kalla.

Kalla meningkatkan kecepatannya di empat putaran terakhir meninggalkan Bjoergen yang bertarung melawan Parmakoski dan Ebba Andersson dari Swedia untuk merebut podium utama.

Ini adalah medali emas olimpiade ketiga atlet berusia 30 tahun itu yang pernah memenangkan di Vancouver tahun 2010 nomor 10km gaya bebas dan di Sochi nomor 4x5km beregu di Sochi tahun 2014.

(Baca Juga: Tampil Apik, Tim Tenis Putri di Fed Cup 2018 Naik Kelas)

"saya sangat bahagia. Ini sungguh luar biasa," ujar Kalla kepada media seperti dikutip Bolasport.com dari Wartakota.

Bersama lusinan pelari yang jaraknya berdekatan, saat mereka merubah skating gaya bebas ke gaya skating, Kalla pun mulai mengevaluasi kapan ia mulai menyerang untuk bisa mengalahkan seluruh pelari.

"Selama putaran skating pertama, saya tahu saya sangat senang. Jadi rencananya, saya mencoba untuk melakukan sesuatu lebih cepat di putaran terakhir," ujarnya.