Asian Para Games 2018 - Tidak Mudah! Ini Jalan Terjal Atlet Pelatnas Paracycling untuk Tampil di Asian Paragames

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 16 Februari 2018 | 23:49 WIB
Atlet paracycling Indonesia, Sofyan Sauri (kiri) dan M. Fadli Imammuddin (kanan) berlatih keras di Velodrome Manahan, Solo, Kamis (15/2/2018), untuk menghadapi Kejuaraan Asia di Malaysia pada tanggal 17-19 Februari 2018. (DODDY WIRATAMA/BOLASPORT.COM)

Sebanyak 12 atlet dari cabang olahraga paralympic akan menjalani Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Kota Solo untuk mempersiapkan diri jelang bergulirnya Asian Para Games 2018.

Termasuk di antaranya M. Fadli Imammuddin, Sufyan Sauri, I Wayan Damai, dan Ni Kadek Karyadewi yang merupakan peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2017.

Susunan 12 atlet tersebut nantinya masih bisa berubah sepanjang penyelenggaran pelatnas.

“Nantinya ada sistem promosi degradasi (pada ke-12 atlet tersebut),” kata asisten pelatih, Erik Sugianto.

Sementara itu, Umar Abdillah (pelatih kepala tim paracycling) menjelaskan kalau jalan bagi atlet paracycling Indonesia untuk menuju putaran final Asian Games mendatang tidaklah mudah.

(Baca Juga: 4 Emas Bulu Tangkis Jadi Target Indonesia di Asian Para Games 2018)

Hal itu dikarenakan, event paracycling di Asian Para Games akan diawasi langsung oleh induk organisasi, Union Cycliste International (UCI).

Pemain yang tampil sendiri nantinya akan ditentukan berdasarkan poin yang mereka raih di kejuaraan internasional.

Padahal jumlah atlet paracycling Indonesia yang punya pengalaman tampil di level tersebut tidak banyak.


Atlet paracycling Indonesia, I Wayan Damai (depan) dan Ni Kadek Karyadewi (belakang) menjalani latihan ringan di kawasan Stadion Manahan, Solo, Kamis (12/2/2018).(DODDY WIRATAMA/BOLASPORT.COM)