Kualifikasi Dilakukan Satuan Kerja Berkuda Asian Games 2018 Demi Saring Atlet Terbaik

By Imadudin Adam - Kamis, 22 Februari 2018 | 07:32 WIB
Peserta Kejurnas Berkuda sedang berlatih di Minahasa, Sabtu (11/11/2017). (RAM MAKAGIANSAR/BOLASPORT.COM)

Kualifikasi akan digelar oleh Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) demi menyaring atlet kuda terbaik untuk Asian Games 2018.

Dalam kualifikasi ini tiga disiplin akan dipertandingkan yakni tunggang serasi (dressage), lompat rintangan (jumping) dan trilomba (eventing).

Kualifkasi yang sekaligus menjadi arena seleksi untuk pembentukan timnas berkuda Asian Games 2018 ini direncanakan dilangsungkan empat kali untuk masing-masing disiplin, antara Maret hingga Juni 2018 mendatang seperti dikutip Bolasport.com dari Tribunnews.com.

Kepastian penyelenggaraan kualifikasi untuk menjaring 11 atlet atau rider equestrian timnas Asian Games 2018 ini disampaikan oleh satuan kerja khusus Asian Games 2018 Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) yang diketuai oleh Triwatty Marciano.

Rencana digelarnya babak kualifikasi tersebut disampaikan Triwatty Marciano bersama jajaran satuan kerja khusus Asian Games 2018 kepada para pemilik kuda (horse owner), pelatih dan rider berkuda ketangkasan, Selasa (20/2/2018) malam di The Belevue Suites, kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu, Triwatty Marciano yang didampingi wakil ketua satuan kerja khusus Fatchul Anas, venue manager Wijaya Noeradi, manajer timnas berkuda Asian Games Reshwara 'Reshi' Radinal, dan Jose Rizal Partokusumo sebagai pengawas satuan kerja khusus PP Pordasi, meminta para rider untuk mengisi formulir kesiapannya mengikuti ajang kualifikasi tersebut.

(Baca Juga: EXO Tampil di Penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Siapa Atlet yang Ingin Mereka Temui?)

Lebih dari 30 rider yang selama ini rutin berkompetisi di ajang equestrian nasional terlihat menghadiri acara ini, mayoritas rider senior.

Di antaranya, Adi Katompo, Putri Hamidjoyo, Ferry Sutoyo, Andry Sutoyo, Joko Susilo, Raymen Kaunang, Yanyan Hadiansyah, Dennis Christian Sanjaya, Erwin M.Yoga, Jendry Palandeng, Steven Manayang, Albert Pelealu, Anto Budianto, Mira Wargenegara.

Untuk babak kualifikasi ini rider diperbolehkan berkompetisi di lebih dari satu disiplin, misalnya dressage dan jumping.