Susy Susanti Anggap Sistem Poin 11 x 5 Akan Hilangkan Seni Pertandingan Bulu Tangkis

By Any Hidayati - Sabtu, 24 Februari 2018 | 15:49 WIB
Mantan pebulu tangkis tunggal putri nasional, Susy Susanti, berbicara dalam konferensi pers Superliga Junior di Jakarta, Selasa (21/11/2017). (M BAGAS/BOLASPORT.COM)

Seni pertandingan bulu tangkis terancam hilang dengan adanya aturan baru tentang skor dalam satu pertandingan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti menilai aturan tersebut terlalu buru-buru disetujui.

"Mungkin yang bikin aturan enak, tapi yang menjalankannya butuh latihan seperti apa, polanya beda semua," tutur Susy seperti dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

Bulu tangkis yang sebelumnya menggunakan sistem 21 poin akan bergeser menjadi 11 x 5 terhitung mulai All England 2018 pada 14-18 Maret 2018.

(Baca Juga: Aturan Servis Lama Dihapus, Awal Serangan Bulu Tangkis Tambah Mirip dengan Tenis)

"Kami agak susah menikmati permainan bulu tangkis karena terlalu cepat. Belum lagi nanti servis difault, bola out, habis deh, jadi tidak ada seninya," kata Susy menambahkan

Menurut Susy, seni bulu tangkis adalah saat seorang pemain bangkit di tengah pertandingan dan sukses membalikkan keadaan.

"Orang kan mau menikmati, bagaimana pemain ketinggalan terus menyusul. Seperti kemarin Firman (Abdul Kholik) yang ketinggalan 14-20 lalu bisa menang," kata istri Alan Budi Kusuma tersebut.


Firman Abdul Kholik melakukan selebrasi setelah menjadi penentu kemenangan tim putra bulu tangkis Indonesia atas Korea Selatan pada pertandingan babak semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Stadium Sultan Abdul Halim, Kedah, Malaysia, pada 10 Februari 2018.(BADMINTON INDONESIA)

Firman adalah tunggal putra Indonesia yang sukses menang dramatis pada semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018 atas wakil Korea Selatan, Lee Dong-keun.