Jadadish Chandra: Ada 6 Tuduhan untuk 2 Pemain Malaysia yang Diduga Terlibat Pengaturan Skor

By Susi Lestari - Selasa, 27 Februari 2018 | 11:27 WIB
Jadadish Chandra, wakil Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) pada sidang BWF tentang pengaturan skor dua pemain Malaysia di Singapura, 26-27 Februari 2018. (NST.COM.MY)

Dua pemain Independen Malaysia yang diduga terlibat pengaturan skor pertandingan (match fixing) mulai dipantau oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sejak ada seorang saksi yang melaporkan pada 2016.

Seorang saksi itu merupakan seorang pemain bulu tangkis yang didekati oleh salah satu tersangka untuk memanipulasi hasil pertandingan di sebuah turnamen.

Mendapat tawaran saksi yang tidak disebutkan namanya itu menolak dan mengajukan laporan kepada BWF.

Berdasarkan laporan tersebut, BWF akhirnya menunjuk penyelidik yang berbasis di Eropa untuk memantau pergerakan dua pemain Malaysia yang kini sudah diketahui namanya, Zulfadli Zulkiffli dan Tan Chun Seang.

(Baca Juga: Terungkap, 2 Pebulu Tangkis Malaysia yang Lakukan Pengaturan Skor)

Perwakilan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) yang ditunjuk pada persidangan yang digelar di Singapura, 26-27 Februari 2018, Jadadish Chandra, kemudian menceritakan sidang hari pertama berisi tentang temuan-temuan penyidik BWF berdasarkan pantaunnya.

Jadadish mengatakan satu penyidik hadir pada persidangan di Hotel Jen Tanglin di Orchard Road, Singapura, Senin (26/2/2018).

Menurut penyidik, diketahui bahwa kedua tersangka telah terlibat dalam pengaturan skor pertandingan di enam turnamen antara 2013-2016.

"Saya ingin menekankan bahwa segala sesuatu yang dilakukan pada persidangan berada dalam kapasitas dan kekuatan BWF sebagai badan dunia," kata Jadadish dikutip BolaSport.com dari NST.

(Baca Juga: Musuh Bebuyutan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Akhirnya Pecah Telur di Swiss Open 2018)