Petenis Nomor 1 Dunia Ini Selalu Dapat Satu Pertanyaan yang Sama Selama 9 Tahun

By Susi Lestari - Rabu, 28 Februari 2018 | 16:10 WIB
Reaksi petenis putra asal Swiss, Roger Federer, setelah memenangi laga perempat final turnamen Rotterdam Open 2018 atas Robin Haase, Jumat (16/2/2018). Melalui kemenangan itu, Federer tak cuma menembus semifinal, tetapi juga kembali menjadi petenis nomor satu dunia. (JOHN THYS/AFP PHOTO)

Petenis putra asal Swiss, Roger Federer, mengakui bahwa dia telah menjawab pertanyaan yang sama mengenai karier tenisnya sejak 2009.

Pertanyaan itu berupa: "Kapan Federer akan menggantung raketnya (pensiun)?"

Menurut petenis yang baru saja memenangi penghargaan Sportsman of the Year pada Laureus Awards 2018 yang digelar di Monaco, Selasa (27/2/2018) ini, pertanyaan tersebut sangat mengganggu.

"Apa yang aneh saat saya duduk di depan kalian dan kalian terus-menerus mengajukan pertanyaan, 'kapan Anda pensiun dan apakah menurut Anda, Anda akan menang lagi'?" kata Federer dikutip BolaSport.com dari Express.

(Baca Juga:Sisi Lain Richard Mainaky, Pelatih Ganda Campuran Indonesia yang Sukses Buat Tontowi/Liliyana Raih Medali Emas Olimpiade Rio 2016 )

"Pertanyaan semacam itu, saya rasa harus saya jawab sejak 2009," ujar Federer.

Sembilan tahun lamanya menerima pertanyaan yang hampir sama dari orang-orang membuat Federer menjadi sosok yang tangguh.

"Saya pikir, pertanyaan ini membuat saya menjadi sangat tangguh dan kuat untuk menjawab semua pertanyaan itu," tutur Federer.

Bagi Federer, yang belum lama ini kembali menjadi petenis nomor satu dunia lagi, pensiun memang sudah direncanakannyaa.

Namun, hal itu tidak akan dilakukannya dalam waktu dekat.