Pemaparan di Hadapan Tim Verifikasi Jadi Tanda Sumatera Utara Siap Jadi Tuan Ruman PON 2024

By Imadudin Adam - Rabu, 7 Maret 2018 | 08:24 WIB
Logo KONI (Tribun Pekanbaru)

 Wakil ketua tim pemenangan PON 2024 Sumut-Aceh, John Ismadi Lubis telah memaparkan kesiapan Sumatera Utara sebagai tuan rumah di PON 2024 di hadapan tim verfirikasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat pada Selasa, (6/3/2018). Penulis: Victory Arrival Hutauruk

Terdapat 28 venue cabor yang akan diverifikasi di Sumut.

28 cabor yang akan diverifikasi, diantarany akuatik (renang dan renang indah), atletik, balap sepeda, bermotor, bola voli, bulutangkis, boling, futsal, gateball, hoki, senam, wushu (Unimed dan Sport Centre jalan Willem Iskandar). Kemudian Cricket (Stadion Pardede), Drum Band, pencak silat (komplek Stadion Baharoeddin Siregar), taekwondo (komplek Cemara Asri).

Selanjutnya polo air dan lompat indah di kolam renang Selayang, Gate Ball, Barongsai ( USU), Biliar (Pardede Hall), Catur (Emerald Garden), Karate (Gelanggang Remaja), Petanque (Stadion Teladan), Squash (Hotel Danau Toba), tinju (GOR Angkasapura Polonia), Gulat (GOR Binjai), Tenis Meja (GOR Asber Nasution Tebing tinggi), Jetski/IJBA, Ski Air (Parapat), dan Kabaddi (GOR Langkat).

(Baca Juga: Piala AFF 2018 - Akankah Indonesia dan Malaysia Berada Satu Grup? Ini Penjelasannya)

John menjelaskan Sumut telah siap untuk melaksanakan PON dengan presentase kesiapan fisik venue 69 persen. Dimana 20 venue telah siap pakai, 3 perlu renovasi dan 6 venue perlu dibangun baru.

"Saya yakin kita mampu melaksanakan PON, secara presentase kita sudah siap 69 persen. Siap pakai 20 venue, butuh tenovasi 3 venue dan bangun baru ada 6. Yang bangun baru, stadion utama untuk penutupan di PON rencana di daerah Kualanamu Internasional Center, Deli Serdang," jelasnya seperti dikutip Bolasport.com dari Tribun Medan.

Pria yang juga menjabat Ketua KONI Sumut ini menjelaskan satu persatu kesiapan venue yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di Sumut ini.

"Balap sepeda di Velodrome karena tidak sesuai dengan persyaratan akan dibangun baru. Juga cabor Squash pembangunan baru di Stadion Baharuddin di Lubuk Pakam. Juga Bowling perlu ada perbaikan tapi sudah sesuai standart," jelasnya.

Terkait dengan akomodasi, John mengatakan Sumut telah memiliki ratusan hotel baik berbintang 3 hingga 5. Yang dapat menampung para peserta PON.