BREAKING NEWS - Lawan Tak Terlihat di Lapangan, Stapac Jakarta Dapatkan Tiket Gratis ke Semifinal

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 10 Maret 2018 | 20:26 WIB
Shooting guard Stapac Jakarta, Oki Wira Sanjaya (kiri), berupaya melewati hadangan shooting guard Pacific Cesar, Indra Muhammad, dalam laga seri keenam IBL 2017-2018 di di GOR UNY Yogyakarta, Jumat (26/1/2018). ( IBLINDONESIA.COM )

Pertandingan kedua antara Pacific Caesar melawam Stapac Jakarta pada babak playoff IBL 2017/18 batal digelar.

Kepastian tersebut telah dikonfirmasi oleh IBL Indonesia yang mengumumkan bahwa Pacific mengundurkan diri dari laga yang sejatinya digelar pada Sabtu (10/3/2018) di DBL Arena, Surabaya.

Keputusan Pacific untuk walk out (WO) dari pertandingan tersebut menyusul larangan bertanding yang diterima salah satu pemain asing mereka, Anton Waters.

Anton Waters terkena ejected karena melakukan satu kali technical foul dan sekali unsportmanlike foul pada pertandingan berikutnya.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan IBL yang mengacu pada peraturan FIBA, hal itu berimbas pada pelarangan bermain pada gim berikutnya.

Namun Pacific bersikeras untuk memainkan Waters pada gim kedua.

(Baca Juga: Hasil Playoff IBL 2017/18 - Stapac Jakarta Sukses Langkahkan Satu Kaki ke Semifinal)

IBL sendiri mengeluarkan peraturan pertandingan pada 25 Juli 2017 sebelum kembali mensosialisasikan peraturan baru pada November 2017.

Perubahan peraturan tersebut mengacu pada update yang dikeluarkan FIBA di bulan September 2017.

"Peraturan diskualifikasi yang menyatakan kombinasi technical foul dan unsportman didiskualifikasi dan larangan 1 kali bermain baru ada di peraturan FIBA terbaru 2017, dan sudah disosialisasikan dan di setujui saat managers meeting 8 Maret," kata Direktur IBL, Hasan Gozali.