All England Open 2018 - Giliran Debby Susanto yang Jadi Korban Aturan Anyar BWF

By Doddy Wiratama - Sabtu, 17 Maret 2018 | 04:22 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, bereaksi setelah meraih poin atas wakil Jerman, Marvin Emil Seidel/Linda Efler, pada laga semifinal Korea Terbuka yang berlangsung di SK Handball Stadium, Sabtu (16/9/2017). ( BADMINTON INDONESIA )

 Debby Susanto menjadi salah satu korban dari penerapan regulasi anyar tentang pukulan awal (service) pada permainan bulu tangkis.

Sebagai informasi, induk olahraga badminton dunia (BWF) telah menguji coba aturan baru tentang service yang sudah diterapkan sejak German Open 2018, pekan lalu.

Sejumlah pemain pun menjadi korban setelah pukulan awal mereka dinyatakan fault karena melewati batas 115 cm yang telah ditentukan.

Yang terbaru, Debby Susanto juga merasa dirugikan dengan aturan anyar BWF itu saat tampil pada perempat final All England 2018, Jumat (16/3/2018).

"Kami merasa dirugikan dengan keputusan hakim servis, apalagi saya," kata Debby dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

"Batas tinggi (service) kan sedada saya, sudah servis tenis itu kalau sedada."

(Baca Juga : All England Open 2018 - Lin Dan Sukses Memenangi Duel Klasik Kontra Lee Chong Wei)

Pada laga itu, Debby yang berpasangan dengan Praveen Jordan harus kalah straight games (16-21, 15-21) dari Mathias Christiansen/Christinna Pedersen (Denmark).

Debby Susanto mengaku jika service fault yang didapatkan secara tidak langsung memengaruhi penampilan pemain 28 tahun tersebut.

"Ini sedikit memengaruhi kami. Bagaimanapun juga kami merasa dirugikan."