Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Jadi Unggulan Ke-1 Kejuaraan Asia 2018 karena...

By Any Hidayati - Selasa, 3 April 2018 | 19:56 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose di podium setelah menjad runner-up pada Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, kembali menjadi unggulan kesatu setelah pasangan rival asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, tak lagi bersama.

Status unggulan teratas Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tersebut didapat pada Kejuaraan Asia 2018 yang akan berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, China, 24-29 April mendatang.

Jika menilik peringkat dunia, pasangan Tontowi/Liliyana sebetulnya masih berada di bawah duet Zheng Siwei/Chen Qingchen.

Namun, tidak dilanjutkannya kerjasama antara Zheng/Chen memastikan posisi unggulan kesatu pada Kejuaraan Asia 2018 jatuh ke tangan Tontowi/Liliyana.


Pasangan ganda campuran China, Zheng Siwei (kanan)/Chen Qingchen, berpose dengan trofi dan medali yang mereka raih seusai menjuarai turnamen BWF Superseries Finals 2017 di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (17/12/2017).(GIUSEPPE CACACE/AFP PHOTO)

Zheng Siwei/Chen Qingchen mulai dipisah oleh asosiasi bulu tangkis China pada akhir kalender kompetisi 2017.

Meski sempat "reuni" pada ajang BWF Superseries Finals 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab, dan meraih gelar juara, keputusan asosiasi bulu tangkis China untuk memisahkan Zheng/Chen sudah tidak bisa diubah.

China memutuskan untuk melakukan rotasi di nomor ganda campuran dan tidak lagi mengandalkan pasangan Zheng/Chen.

(Baca Juga: Pebalap Ini Ungkap Alasan Pebalap World Superbike Sudah Jarang Hijrah ke MotoGP)

Uniknya, walau sudah tidak lagi bermain sebagai pasangan, peringkat dunia Zheng Siwei/Chen Qingchen tak berubah.