Laga Final IBL 2017-2018 Bakal Dipimpin Wasit Asing

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 12 April 2018 | 21:19 WIB
Dua pemain Satria Muda, Kevin Sitorus (kir) dan Christian Sitepu (kanan), menggagalkan lay-up center Pelita Jaya, Adhi Prasetyo Putra (tengah), dalam laga final IBL 2017 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (7/5/2017). ( HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET )

Rangkaian laga seri final Indonesian Basketball League (IBL) Pertalite 2017-2018 antara Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta bakal dipimpin wasit asing.

Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur IBL Hasan Gozali melalui siaran pers yang diterima BolaSport.com, Kamis (12/4/2018).

Dalam pernyataannya, Hasan Gozali mengatakan bahwa rencana penggunaan wasit asing untuk laga final sudah terpikir sejak awal musim lalu.

Wacana ini kemudian mulai dieksekusi panitia penyelenggara IBL menyusul kontroversi kepemimpinan wasit pada seri semifinal.

Namun begitu, Hasan mengaku belum bisa menyebut siapa dan dari negara mana wasit asing yang akan memimpin laga seri final nanti.


Direktur Indonesian Basketball League (IBL) Hasan Gozali saat berbicara kepada para awak media di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta, Senin (19/3/2018).(NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

"Kami sudah berkirim surat meminta kepada FIBA untuk mengirimkan wasit untuk babak final IBL," ucap Hasan.

"Siapa wasit yang ditunjuk, kami serahkan kepada mereka (FIBA)," kata Hasan lagi.

Hasan Gozali mengakui pihaknya tak ingin lagi menjumpai kontroversi perihal wasit seperti yang terjadi pada seri semifinal antara Pelita Jaya dan Stapac Jakarta.

Hasan juga meyakini seri final IBL 2017-2018 yang merupakan ulangan musim lalu baka berjalan sengit.