Salip Tai Tzu Ying, Akane Yamaguchi Akan Jadi Ratu Bulu Tangkis Dunia Sekaligus Pecahkan Rekor untuk Jepang

By Susi Lestari - Kamis, 19 April 2018 | 15:27 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, berpose dengan trofi yang didapat sebagai juara BWF Superseries Finals 2017 setelah mengalahkan PV Sindhu (India) di Hamdan Sports Complex, Dubai, Minggu (17/12/2017). ( GIUSEPPE CACACE/AFP PHOTO )

Pebulu tangkis tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, diperkirakan akan menjadi pemain nomor satu dunia pada perilisan peringkat terbaru Badminton World Federation (BWF)

Pada perilisan yang biasa dilakukan setiap satu seminggu sekali pada Kamis (19/4/2018) ini, Yamaguci akan menyalip peringkat Tai Tzu Ying (Taiwan).

Sebagai seorang pebulu tangkis muda yang saat ini berusia 20 tahun, prestasi Yamaguchi tidak diragukan lagi.

Yamaguchi berhasil mencapai perempat final Olimpiade Rio 2016 dan sukses menyabet gelar juara BWF Superseries Finals 2017 yang digelar di Dubai (Uni Emirat Arab) pada Desember lalu.

(Baca Juga: Ingin Perbaiki Sektor Ganda Putra, Malaysia Rekrut Pelatih Bulu Tangkis Indonesia)

Pada musim kompetisi tahun ini, Yamaguchi juga berhasil menorehkan hasil-hasil gemilang.

Bulan lalu, pebulu tangkis yang dikenal karena permainannya yang tak kenal lelah dan bermain defensif ini, memenangkan turnamen Jerman Open 2018 dan menjadi runner-up All England Open 2018.

Dilansir BolaSport.com dari Japan Times, Yamaguchi juga memecahkan rekor sebagai tunggal putri pertama Jepang yang menjadi pemain nomor satu dunia.

Sebelum Yamaguchi, Jepang telah terlebih dahulu memiliki pemain nomor satu dunia di sektor ganda putri yakni pasangan Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo.

Takahashi/Matsutomo pernah menjadi pemain nomor satu di sektornya pada Oktober 2014, sebelum akhirnya memenangkan medali emas Olimpiade Rio 2016.