Olahraga Gulat di Asian Games yang Digambarkan di Atas Perangko

By Intisari Online - Kamis, 19 April 2018 | 15:09 WIB
Yoriko Angelina dan Zulfa Maharani dan Atlet Gulat Putri Indonesia untuk Asian Games 2018

Saat pertandingan gulat di Asian Games digambarkan dalam perangko berseri.

Intisari-Online.com – Pada tahun 1928 di Yogyakarta telah dikenal seorang pegulat dengan nama samaran: Motoco. Semula ia adalah seorang pegawai toko, tetapi kemudian menggabungkan diri dalam rombongan sirkus luar negeri.

Nama aslinja ialah: Amat. Kata-kata “Amat" dan “toko" ia bentuk menjadi nama sandi: “Matoko" yang kemudian diselaraskan dengan lingkungan pekerjaannja menjadi : Motoco.

Ia bergulat di Yogya hanja bila sirkusnya kebetulan main di Yogya dan itupun jika ada Panitia yang menyelenggarakannya.

Pertunjukan pertandingan gulat yang penjelenggaraannya lebih tertentu, kita ketahui di Bandung di sekitar tahun 1930. Hampir setiap minggu kita dapat menjaksikan pertandingan adu gulat.

Baca juga: Masih Muda dan Tidak Diunggulkan, Namun Lanny Kaligis Menjadi Ratu Gelanggang Tenis Asian Games

Pada waktu itu istilah “gulat” beIum kita kenal. Yang lazim kita sebut ialah: Worstelen, bahasa Belanda.

Pertandingan dilangsungkan di lapangan bioskop terbuka, dahulu dikenal dengan nama pistren oleh karena di waktu itu kita belum mempunyai atau gedung olahraga.

Pegulat-pegulat yang diadukan mula-mula berasal dari garnizoen Cimahi, yaitu serdadu. Tetapi lambat-laun orang-orang diluar garnisun banyak pula yang mendjadi “worstelaar".

Nama-nama yang tidak asing lagi bagi penduduk Bandung diwaktu itu ialah diantaranya: Tumbel, Kedok Hitam, Pedro, Nero, Zorro, Bajag, Miliu, Matador,  dan Zander. Nama-nama tersebut kebanyakan berasal dari nama-nama tokoh film, yang pada waktu Itu sedang menjadi buah bibir.