Akane Yamaguchi Resmi Geser Posisi Tai Tzu Ying dari Nomor Satu Dunia

By Susi Lestari - Kamis, 19 April 2018 | 20:04 WIB
Pebulu tangkis Jepang, Akane Yamaguchi, melepas smes ke arah lawan yang juga rekan senegara, Nozomi Okuhara, pada laga perempat final turnamen Jepang Terbuka tahun ini di Tokyo, Jepang, Jumat (23/9/2016). ( KAZUHIRO NOGI/AFP PHOTO )

Pebulu tangkis tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi, resmi menjadi pemain nomor satu dunia.

Kepastian menjadi nomor satu dunia didapat pemain berusia 20 tahun itu pada perilisan peringkat terbaru Badminton World Federation (BWF) pada Kamis (19/4/2018).

Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, posisi Yamaguchi naik satu strip dan berhasil menggeser kedudukan dari pemain tunggal putri Thailand, Tai Tzu Ying.

Sepanjang Maret lalu, Yamaguchi memang telah mencetak berbagai prestasi gemilang seperti menjadi juara German Open 2018 dan finis sebagai runner-up All England Open 2018.

(Baca Juga: Ingin Perbaiki Sektor Ganda Putra, Malaysia Rekrut Pelatih Bulu Tangkis Indonesia)

Sebagai pemain nomor satu dunia terhitung mulai hari ini, Yamaguchi tercatat memiliki 87.411 poin.

Menyusul Yamaguchi, ada Tai yang ada di posisi kedua dengan raihan poin yang berbeda tipis yakni 87.109.

Jika posisi Yamaguchi dan Tai mengalami perubahan, berbeda halnya dengan posisi pemain yang ada di peringkat ketiga dan keempat.

Pusarla Venkata Sindhu (India) dan Ratchanok Intanon (Thailand) yang masing-masing menempati urutan ketiga dan keempat tetap berada di posisinya tanpa mengalami perubahan (stagnan).

(Baca Juga: Gara-gara Lawan Punya Pukulan Berat seperti Truk, Manny Pacquiao Terancam Bahaya)