Kirab Obor Asian Games 2018 Mulai Digelar sejak 15 Juli

By Delia Mustikasari - Senin, 23 April 2018 | 18:16 WIB
Rapat Koordinasi Persiapan Pengarakan Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 yang dipimpin Sekjen Menteri Dalam Negeri Drs. Hadi Prabowo MMHotel Menara Peninsula, Jakarta, Senin (23/4/2018). (INASGOC)

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Jakarta-Palembang (Inasgoc) akan menggelar kegiatan torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 mulai 15 Juli mendatang.

Kirab obor yang akan dimulai pada 15 Juli mendatang dimulai dari tempat pengambilan api abadi Asian Games di India.

Kegiatan ini akan menjadi sarana untuk mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya, serta potensi-potensi setiap kota dari 18 provinsi yang dilewati.

Oleh karena itu, Inasgoc melibatkan pemangku kepentingan di daerah, mulai dari Sekretaris Daerah di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta Dinas Pemuda dan Olahraga yang berada dalam lingkup Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Empat sukses yang menjadi tujuan pelaksanaan Asian Games 2019 yakni sukses pelaksanaan, prestasi, administrasi, dan pemberdayaan ekonomi," kata Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

"Upaya mencapai empat sukses tersebut bukan hanya tugas pemerintah pusat dan daerah yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan, atau panitia pelaksana.Tapi juga harus melibatkan dan meminta peran penuh dari seluruh lapisan masyarakat," ucap Erick.

Erick mengatakan bahwa kegiatan kirab obor ini bisa menjadi momen penting agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahui dan mendukung Asian Games 2018.

(Baca juga: Pebulu Tangkis Malaysia Diminta Tanda Tangani Perjanjian Anti Korupsi)

Pernyataan itu disampaikan dalam rangka Rapat Koordinasi antara Panitia Pelaksana Asian Games 2018 dengan beberapa Dirjen Kemendagri dan Kemenpora yang berlangsung di Jakarta, Senin (23/4/2018)

Dalam rakor tersebut dibahas mekanisme pelaksanaan kirab obor Asian Games 2018 yang menyebar di 53 kota di seluruh Indonesia dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Kemendagri akan menjadi mitra dari Panitia Pelaksana Asian Games 2018.