PON Bali-NTB 2024 Akan Suguhkan Konsep Pariwisata Rasa Internasional

By Yan Daulaka - Senin, 23 April 2018 | 19:32 WIB
Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi (tengah) didampingi Binpres KONI Bali, Nyoman Yamadiputra (kanan) dan Sekum KONI Bali, Cok Oka Darmawan (kiri) saat jumpa wartawan menjelang keberangkatan tim pemenang Biding PON Bali 2024 di Jakarta, Senin (23/4/2018) (YAN DAULAKA/BOLASPORT.COM)

Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Hal ini ditunjukkan dengan membangun komunikasi serius dengan pemprov dan pengurus KONI se- Indonesia yang menjadi peserta bidding tuan rumah PON XXI/2024, yang akan dilaksanakan Selasa (24/4/2018) di Jakarta.

"Secara internal, KONI Bali dan KONI NTB telah berkoordinasi dan sepakat untuk menyiapkan semua syarat untuk menjadi tuan rumah PON XXI," kata Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Senin (23/4/2018) kepada BolaSport.com.

"Provinsi Bali dan NTB akan mengusung moto PON 2024 yakni, Sport, Tourism, and Culture. Tema ini akan dikombinasikan antara capaian prestasi di bidang olahraga, sembari memajukan pariwisata dan budaya," ucap Ketut.

Menurut Ketut, Bali dan NTB telah dikenal karena keragaman budaya dan keindahan alamnya. Hal ini akan memanjakan seluruh atlet dan kontingen dari 34 provinsi dengan pelayanan maksimal lewat sarana olahraga yang memenuhi kualifikasi PON.

Selain itu, fasilitas akomodasi, konsumsi, serta pelayanan pada destinasi pariwisata berkelas internasional.

Suwandi menjelaskan bahwa Bali dan NTB telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga nasional dan internasional sehingga profesionalitas sebagai penyelenggara PON XXI tahun 2024 tidak perlu diragukan lagi.

(Baca juga: Pebulu Tangkis Malaysia Diminta Tanda Tangani Perjanjian Anti Korupsi)

"Kami sangat tahu diri bahwa Bali dan NTB tidak mungkin akan menjadi juara umum sehingga tidak perlu dikhawatirkan kalau kami akan menggunakan cara-cara tidak sportif untuk meraih posisi puncak tersebut," kata Suwandi.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir sekitar 10 event internasional digelar di NTB dan lebih dari 20 event nasional memilih NTB sebagai tuan rumah.