Masih Ingat Huang Hua? Pebulu Tangkis asal China Itu Kini Jadi WNI dan Menetap di Klaten

By Susi Lestari - Jumat, 27 April 2018 | 19:17 WIB
Bermain ketoprak. Huang Hua berdialog dengan Jagawara yang diperankan suaminya, Tjandra Budi Darmawan, saat bermain ketoprak Rebut Kuasa pada perayaan Imlek di Klaten, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. (KOMPAS.COM/DOKUMENTASI TJANDRA)

 Pada medio tahun 1990-an, pebulu tangkis bernama Huang Hua (China) berhasil menjadi sorotan dunia. 

Saat usianya masih belia, Huang Hua mampu mengharumkan nama China dan melesat menjadi pemain tunggal putri nomor satu dunia.

Namun, saat kariernya sedang berada di puncak, perempuan yang berasal dari Nanning, Guangxi, China, itu justru memilih mundur dari dunia badminton.

Tak lama setelah mundur, Huang Hua menikah dengan pria asal Klaten (Jawa Tengah) dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

(Baca Juga: Kejuaraan Asia 2018 - Baru 4 Menit Bertanding, Angga/Rian Sudah Dinyatakan Kalah, Ada Apa?)

Setelah 25 tahun menetap di Klaten, Jawa Tengah, Huang Hua pun benar-benar tak aktif lagi di dunia bulu tangkis.

Huang Hua memilih menjadi ibu rumah tangga, mengurus tiga putranya, dan membantu bisnis properti suaminya.

Saat awal-awal menetap di Indonesia, Huang Hua mengaku jika dirinya sulit melupakan dunia yang sebelumnya membesarkan namanya.

"Setelah pensiun dari tim China pada 1993, selama empat hingga lima tahun saya seperti susah terlepas dari bulu tangkis. Saya seperti kangen terus bermain bulu tangkis," kata Huang Hua dilansir BolaSport.com dari Kompas.

"Namun situasi sepertinya tidak memungkinkan saya main lagi. Dan akhirnya saya memilih fokus mengurus rumah tangga," sambungnya.