Rafael Nadal: Gelar ke-11 Saya Mungkin yang Terakhir pada Barcelona Open

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 30 April 2018 | 18:49 WIB
Petenis tunggal putra Spanyol, Rafael Nadal, melakukan selebrasi setelah memenangi poin atas sang lawan, Kei Nishikori (Jepang), pada laga final turnamen Monte Carlo Masters 2018. (YANN COATSALIOU/AFP PHOTO)

Catatan sejarah kembali diukir petenis tunggal putra Spanyol, Rafael Nadal, seiring dengan keberhasilannya menjuarai turnamen Barcelona Open 2018.

Melalui kemenangan 6-2, 6-1 atas Stefanos Tsitsipas (Yunani) pada laga final, Minggu (29/4/2018), Rafael Nadal kini telah mengoleksi 11 gelar juara Barcelona Open.

Meski begitu dominan pada turnamen di atas lapangan tanah liat tersebut, Nadal menilai hegeomoninya itu tidak akan berjalan abadi.

Dia bahkan meyakini bahwa titel kampiun tahun ini merupakan yang terakhir dari Barcelona Open.

Baca juga: Rafael Nadal Juarai Barcelona Open, Mantan Petenis Ini Beri Kata-kata Menyentuh

"Anda tidak bisa memprediksi apapun, demikian juga di olahraga. Saya tidak tahu berapa banyak titel lagi yang akan saya raih di sini. Mungkin saya akan bertahan di 11 gelar, saya tidak tahu," kata Nadal yang dilansir BolaSport.com dari Sporting News.

"Ada banyak hal yang memengaruhi dan hal-hal yang berjalan baik saat ini bisa berubah menjadi buruk. Saya mencoba menghargai segala yang terjadi," ucap Nadal lagi.

Sejauh ini, Rafael Nadal melakoni kalender kompetisi 2018 bak roller coaster.

Memulai perjalanan dengan turun pada turnamen Australian Open 2018, Januari lalu, laju Nadal hanya bisa sampai perempat final.

Dia "dikalahkan" cedera yang memaksanya mengundurkan diri alias retired saat tengah bertanding melawan Marin Cilic (Kroasia).