OCA Asian Fun Games Fun Run Digelar di Kirgistan

By Delia Mustikasari - Rabu, 2 Mei 2018 | 13:52 WIB
Jumpa pers 2018 Asian Games Fun Run yang digelar di Kantor Sport Agency of Kyrgyz Republic, Bishkek, Selasa (1/5/2018) dihadiri (dari kiri), Ratna Irsana, Eris Herryanto (Sekjen INASGOC), Kanat Amankulov (Menteri Olahraga Kirgistan) dan Elena Chakarova (OCA). (INASGOC)

Pelaksanaan ajang lari yang diinisiasi Dewan Olimpiade Asia (OCA), 2018 Asian Games Fun Run akan digelar di Lapangan Yujnie Vorota, Bishkek, Kirgistan pada Kamis (3/5/2018).

Hal itu terungkap dalam jumpa pers di Kantor Sport Agency of Kyrgyz Republic, Bishkek, Kirgistan, Selasa (1/5/2018).

"Dalam pekan ini, kami mendapat kehormatan karena dua kegiatan besar berlangsung di negeri kami, yakni OS dan OCA Regional Forum, serta Fun Run Asian Games 2018 Jakarta Palembang," kata Menteri Olahraga Kirgistan Kanat Amankulov.

"Kami berharap, hal ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga di Kirgistan, serta kami berperan  besar untuk mempromosikan Asian Games 2018 agar semakin banyak warga Kirgistan mendukung pesta olahraga Asia itu," ucap Amankulo.

Menurut rencana, 2018 Asian Games Fun Run akan diikuti sekitar 1.000 pelari dengan didominasi  anak-anak berusia 10-15 tahun berjumlah sekitar 600 orang. 

Peserta lainnya terdiri dari masyarakat kota Bishkek, atlet difabel, serta beberapa atlet nasional negeri tersebut.

Start akan dilakukan di Lapangan Yujnie Vorota, atau yang berarti, gerbang selatan. Selain kegiatan olahraga, ajang itu juga akan menampilkan pertunjukan budaya Kirgistan, seperti tarian tradisional, Agat Dance.

(Baca juga: Kanada Soroti Aturan IAAF soal Atlet yang Kelebihan Hormon Androgen)

"Kami berterima kasih kepada pemerintah dan juga kementerian olahraga Kirgistan yang bersedia menjadi tuan rumah fun run sekaligus mempromosikan Asian Games 2018 Jakarta Palembang," ucap Sekjen Inasgoc Eris Herryanto.

"Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini, kami tak hanya datang untuk mendukung kegiatan fun run, tapi juga untuk bertemu dengan beberapa NOC peserta Asian Games 2018 dalam rangka menerima registrasi entry by name peserta Asian Games," ucap Eris.