Begini Syarat dan Ketentuan Jadi Petenis Elite Dunia Ala Rafael Nadal

By Any Hidayati - Kamis, 3 Mei 2018 | 12:08 WIB
Petenis putra Spanyol, Rafael Nadal, berpose dengan trofi AS Terbuka 2017 yang diraihnya setelah mengalahkan Kevin Anderson (Afrika Selatan) 6-3, 6-3, 6-4 pada babak final di Arthur Ashe Stadium, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Minggu (10/9/2017) malam waktu setempat. ( MATTHEW STOCKMAN/AFP PHOTO )

 Petenis nomor satu dunia asal Spanyol, Rafael Nadal, membeberkan syarat dan ketentuan agar para petenis muda saat ini mampu mencapai level elite dunia.

Petenis yang dijuluki Raja Tanah Liat tersebut mengatakan ada dua tipe atlet di dunia yakni tipe berbakat alami dan tipe bakat yang berkembang.

"Ada banyak orang yang memiliki bakat, tetapi ada juga yang memiliki kemampuan untuk terus berkembang," ujar Nadal yang dikutip BolaSport.com dari Express.

Dua tipe inilah yang menjadi syarat dan ketentuan utama untuk menjadi petenis elite dunia, level setara atau bahkan melampaui dia, Roger Federer (Swiss), dan Novak Djokovic (Serbia).

Nadal bahkan menggarisbawahi tipe haus untuk berkembang menjadi tipe yang ideal untuk menjadi yang terbaik di jajaran elite dunia.

"Mereka yang memiliki kemampuan untuk terus berkembang adalah yang biasanya memiliki kans untuk sukses. Itu selalu menjadi sebuah cerita yang serupa," kata Nadal.

Menurut Rafael Nadal, rasa haus untuk berkembang membuat para atlet tidak lekas berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuannya.

Hal ini tentu saja kebalikan dengan tipe yang hanya bangga dengan bakat yang ia miliki, tanpa mau berusaha lebih lanjut.

"Bermain tenis adalah kemampuan yang harus terus diasah, bukan hanya membentuk diri dan bangun setiap hari dengan ilusi latihan," ucap Nadal.

(Baca Juga: Rafael Nadal Kejar Rekor Roger Federer Usai Juara di US Open 2017)