Atasi Macet Jakarta Saat Asian Games 2018, Mulai Tugas Makalah hingga Penambahan Zona Ganjil-Genap

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 9 Mei 2018 | 19:40 WIB
Inasgoc menggelar Coordination Committee Meeting IX terkait Asian Games 2018 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (9/5/2018). (NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) telah sepakat memberikan tugas makalah kepada siswa sekolah di Jakarta selama ajang olahraga terbesar Asia itu berlangsung.

Pemberian tugas makalah itu berkaitan dengan rencana pemerintah meliburkan sekolah di Jakarta demi mengurangi kemacetan saat Asian Games 2018.

Menurut Ketua Inasgoc Erick Thohir, siswa akan diberikan tugas membuat makalah di rumah mereka masing-masing soal Asian Games 2018.

"Ide itu juga menjadi kesempatan bagi kami untuk mengajak generasi muda menonton Asian Games 2018," kata Erick seusai Coordination Committee Meeting (Corcomm) IX di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (9/5/2018) sore.

"Dengan keputusan itu pula kami berharap bisa mengurangi kemacetan di Jakarta saat Asian Games 2018 hingga sebesar 20 persen," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Erick juga membahas soal wacana meliburkan kantor-kantor yang ada di Ibu Kota.

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Presiden Inter Milan itu masih harus berbicara lebih lanjut dengan sejumlah kementerian mengenai wacana tersebut.

(Baca juga: Jadi Ganda Kedua, Fajar/Rian Dapat Perhatian Khusus Pelatih Jelang Piala Thomas 2018)

Cara lain yang akan dilakukan pemerintah dalam mengatasi kemacetan yakni memperluas area penerapan kendaraan mobil berplat nomor ganjil-genap di Jakarta.

Saat ini, zona ganjil-genap di Jakarta hanya diterapkan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Gatot Subroto.