Pemindahan Rumput SUGBK Dilakukan Setelah Laga Persija Jakarta Vs Home United

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 15 Mei 2018 | 17:12 WIB
Sekretaris Jenderal Inasgoc Eris Herryanto (kiri), didampingi Dirut PPKGBK Winarto, memaparkan kepada awak media perihal rencana pemindahan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno sebelum acara pembukaan Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018). (INASGOC)

Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Eris Herryanto, memastikan pemindahan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan dilakukan pada Selasa (15/5/2018) malam ini.

Pemindahan akan dikerjakan tepatnya pada pukul 24.00 WIB, atau setelah laga semifinal kedua Zona ASEAN Piala AFC 2018 antara Persija Jakarta dan Home United di SUGBK.

Pemindahan rumput dilakukan karena Inasgoc akan memasang berbagai peralatan berat untuk mempersiapkan seremoni pembukaan Asian Games 2018.

"Malam ini, setelah pelaksanaan laga sepak bola, kami akan mulai menggulung (rumput)," kata Eris saat konferensi pers di Kantor Inasgoc, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

"Setelah digulung, perlu waktu sekitar 6 jam dan mulai pemasangan armor deck atau pelindung trek di SUGBK supaya tak rusak," tutur dia.

Menurut Eris, armor deck perlu dipasang agar tidak merusakan permukaan tanah di SUGBK.

"Kalau tidak pakai armor deck, tanah bisa ambles. Pernah ada contoh di sebuah negara, mereka tidak pakai armor deck, akhirnya tanah ambles sampai 10 meter," ucap Eris.

(Baca juga: Demi Pembukaan Asian Games 2018, Rumput SUGBK Akan Dipindahkan Sementara)

Armor deck merupakan salah satu merk pelindung trek yang terbuat dari semacam fiber. Bentuk umumnya persegi dan bisa dibongkar pasang layaknya puzzle.

Menurut Direktur Ceremony Inasgoc, Herti Purba, SUGBK membutuhkan sekitar 18.000 buah armor deck untuk menutupi seluruh permukaan lapangan.