Jusuf Kalla Minta Transportasi dari Wisma Atlet ke Senayan Dipercepat pada Asian Games 2018

By Delia Mustikasari - Selasa, 15 Mei 2018 | 20:08 WIB
Menpora Imam Nahrawi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpupera Basuki Hadimuljono ikut mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Global Forum 95 Hari Menuju Asian Games 2018 Tahun Olahraga, Tahun Politik di Ballroom Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018). (KEMENPORA)

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (Wapres RI JK) mengingatkan semua pihak mulai fokus mempersiapkan diri, termasuk mengoptimalkan masalah transportasi pada pelaksanaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September di Jakarta dan Palembang.

"Saya ingin Menhub, TNI-Polri agar dapat mempercepat pengamanan sehingga waktu tempuh paling jauh dari Kemayoran hingga Senayan sesuai aturan OCA selama 34 menit dapat tercapai," kata JK di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Permintaan itu dia sampaikan dalam Global Forum 95 Hari Menuju Asian Games 2018 Tahun Olahraga dan Tahun Politik.

"Saya coba dari Kemayoran ke Senayan tanpa upaya memang memakan 43 menit, untuk Pak Polisi paling tidak bisa mempercepat trafic management selama 15 menit. Jika tidak semua program akan kacau. Kita harus optimis Indonesia sukses menjadi tuan rumah Asian Games," ujar JK.

Selain transportasi, JK juga menyorot soal prestasi bagi kontingen Indonesia.

(Baca juga: Alasan BAI Lebih Pilih Saina Nehwal daripada PV Sindhu pada Piala Uber 2018)

"Kami berharap semua cabor latihan secara serius, baik di dalam maupun luar negeri. Prestasi akan diingat orang hingga puluhan tahun," tutur JK.

JK juga mengutuk keras apa yang terjadi dalam beberapa hari ini di Indonesia terkait teror bom di Surabaya.

"Dibutuhkan kesiapan dan tindakan tegas Polisi dan TNI serta masyarakat melalui informasi atau apa pun yang bisa menghentikan dan mengawasi pihak-pihak yang mempunyai sifat tercela itu," ucap JK.

"Kami sangat menyayangkan karena anak-anak dilibatkan, pemerintah harus sigap agar tidak terulang kembali hal itu. Mari kita sukseskan Asian Games dengan memberikan dorongan support bagi olahragawan, laksanakan latihan yang intensif semoga menjadi warisan dan kebanggaan bangsa," kata JK.