Pemain seperti Lee Chong Wei Bakal Panen Keuntungan Saat BWF Terapkan Aturan Baru pada Sistem Penilaian Bulu Tangkis

By Susi Lestari - Rabu, 16 Mei 2018 | 14:01 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, pada partai perempat final Commonwealth Games 2018 melawan Kanada di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Sabtu (7/4/2018). (WILLIAM WEST/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengatakan sistem penilaian baru akan menguntungkan bagi para pemain yang usianya tidak lagi muda (veteran).

Baru-baru ini, Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia, Poul-Erik Hoyer Larasen, memberikan sedikit gambaran tentang materi dalam rapat khusus BWF yang akan digelar di Bangkok, Thailand, pada Sabtu (19/5/2018).

Pada rapat yang akan dihadiri 189 anggota itu akan membuat keputusan tentang rencana perubahan aturan, di antaranya tentang regulasi sistem penilaian.

Menurut Poul-Erik Hoyer, BWF saat ini sedang mencanangkan sebuah perubahan kualitas pada sistem poin untuk kejuaraan bulu tangkis dunia.

"Kami akan mengembangkan kualitas dan konsistensi untuk sistem penilaian," kata Poul-Erik Hoyer yang dilansir BolaSport.com dari Inside the Games.

(Baca Juga: Punya Kekuatan Seperti Ini, China Difavoritkan Juarai Piala Thomas 2018)

Hal itu pula yang membuatnya ingin mengubah sistem poin dari 21 x 3 menjadi 11 x 5.

"(Selain itu) kami juga memperpendek waktu dari pertandingan-pertandingan bulu tangkis," tutur Poul-Erik Hoyer.

Terkait dengan sistem baru itu, Lee merasa diuntungkan.

"Sebagai pemain veteran, saya pikir sistem penilaian yang baru akan menguntungkan kami," ujar Lee dilansir BolaSport.com dari NST.